Menpan Jamin Seleksi PNS Bebas Pegawai Titipan
Aktual

Menpan Jamin Seleksi PNS Bebas Pegawai Titipan

ANT
Bacaan 2 Menit
Menpan Jamin Seleksi PNS Bebas Pegawai Titipan
Hukumonline

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar menjamin pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2013 bebas dari kongkalikong calo CPNS.

"Titipan tidak ada lagi. Tahun lalu juga tidak ada. Coba sebutkan siapa yang bisa menitipkan tahun lalu, akan saya bayar Rp1 miliar," kata Menpan dan RB Azwar Abubakar di Jakarta, Senin (2/9).

Pihaknya menyatakan sangat serius untuk berupaya menghapus imej bahwa dalam penerimaan PNS banyak terjadi praktik KKN.

Untuk itu, dalam penyelenggaraan seleksi CPNS tahun ini, Kementerian PAN RB menggandeng sejumlah instansi di antaranya Polri, Badan Inteljen Negara (BIN), Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta koalisi LSM. Lemsaneg berperan untuk mengenkripsi soal-soal tes CPNS agar tidak terjadi kebocoran jawaban.

Dia menyatakan dalam prosedur seleksi CPNS, bank soal dienkripsi sedemikian rupa oleh Lemsaneg. Kemudian setelah pelaksanaan tes, hasil tes langsung dibawa ke BPPT untuk dinilai. "Jadi tidak ada 'titipan' lagi," ucapnya.

Dia menambahkan bila ada oknum PNS yang terbukti melakukan kecurangan, maka pihaknya tidak akan segan-segan untuk memberikan sanksi berupa pemecatan.

Pada 2013, pemerintah akan menyediakan 65 ribu formasi CPNS di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Sementara untuk tenaga honorer kategori dua, akan disediakan sebanyak 200 ribu formasi. "Kalau tahun lalu 13 ribuan, tahun ini 65 ribu untuk pelamar umum," tuturnya.

Untuk seleksi CPNS dari pelamar umum dengan sistem lembar jawaban komputer (LJK), penetapan formasi, pengumuman penerimaan, pendaftaran pelamar, dan seleksi administrasi akan dilakukan 1-28 September.

Pelaksanaan ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) akan dilangsungkan pada 3 November, pelaksanaan Tes Kompetensi Bidang (TKB) pada 27 November sampai 13 Desember, dan pengumuman hasil seleksi minggu keempat November sampai minggu pertama Desember (bagi instansi yang hanya melaksanakan TKD) dan minggu ketiga Desember (bagi instansi yang melaksanakan TKB).

Sementara seleksi CPNS dari pelamar umum dengan sistem computer assisted test (CAT), keputusan penetapan formasi, pengumuman penerimaan, pendaftaran pelamar dan seleksi administrasi akan dilakukan pada 1-28 September.

Pelaksanaan ujian TKD pada 29 September sampai November, pengumuman TKD hasil CAT pada November, pelaksanaan TKB November dan pengumuman kelulusan CPNS pada November sampai minggu kedua Desember.

Tags: