Pemerintah Harus Awasi Insentif
Aktual

Pemerintah Harus Awasi Insentif

ant
Bacaan 2 Menit
Pemerintah Harus Awasi Insentif
Hukumonline

Kebijakan pemerintah untuk mengurangi impor bahan baku maupun barang modal dengan memberikan sejumlah insentif harus dikawal hingga ke tingkat implementasi.


"Jika pemerintah konsisten beri insentif akan memberikan dampak pada peningkatan produksi nasional. Hal tersebut bisa meningkatkan daya saing produk Indonesia," kata Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Raja Sapta Oktohari di Jakarta, Rabu (29/8).


Kebijakan yang ditetapkan, menurut Raja, jangan hanya sampai di level pemerintah, tetapi harus menyentuh sampai ke level paling bawah. "Ada beberapa kejadian yang peraturannya berubah-ubah atau tidak sampai ke tingkat bawah. Harus ada intervensi dari pemerintah dengan menjalankan kebijakan sampai ke tingkat implementasi," paparnya.


Raja juga mengingatkan satu hal yang tidak boleh lepas dari perhatian pemerintah adalah masalah penyiapan sumber daya manusia (SDM). "Memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (AEC) pada 2015, pemerintah harus mempersiapkan SDM yang berkualitas. Jangan sampai Indonesia tertinggal dari negara Asean yang lain," ujarnya.


Untuk meningkatkan investasi di sektor hulu, pemerintah berupaya memaksimalkan pemberian tax holiday (keringanan pajak), khususnya untuk produksi mesin-mesin industri. Keringanan pajak merupakan daya tarik bagi investor yang ingin mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Tags: