Roadshow Film Antikorupsi Mulai dari Malang
Aktual

Roadshow Film Antikorupsi Mulai dari Malang

ANT
Bacaan 2 Menit
Roadshow Film Antikorupsi Mulai dari Malang
Hukumonline

Roadshow film antikorupsi dalam program Anti Corruption Film Festival (ACFFest) kerja sama antara Komisi Pemberantasan Korupsi dengan Management System International dimulai dari Malang yang bertempat di teater Universitas Muhammadiyah Malang Dome.

"ACFFest ini membuka kesempatan bagi masyarakat dan filmmakers di tanah air untuk mengikutkan karya filmnya yang berkaitan dengan kejujuran, integritas, transparansi serta perlawanan terhadap korupsi," kata Fadila Ayu Hapsari mewakili Management System International (MSI) di Malang, Sabtu (21/9).

Menurut dia, ACFFest adalah festival film di Indonesia yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan pergerakan antikorupsi. Serta mendorong partisipasi masyarakat untuk turut serta dalam pemberantasan korupsi melalui media film.

Ia mengemukakan untuk ACFFest itu sendiri ada beberapa kategori yang dinilai. Yaitu kategori film fiksi, dokumenter, animasi, dan kategori khusus, yakni citizen journalism dan game animasi untuk kalangan pelajar dan umum.

Roadshow ACFFest yang dimulai dari Malang itu akan dilanjutkan ke sejumlah kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Padang Panjang, Palu, dan Balikpapan. Selain roadshow dan sosialisasi tentang ACFFest, ada tiga film yang diputar di gedung teater Dome UMM tersebut, film dokumenter "Piagam Warga", dilanjutkan dengan film kisah nyata "Muda = Anti-Korupsi" serta gabungan empat film pendek yang merupakan bagian dari program kampanye film antikorupsi "K VS K (Kita vs Korupsi)".

Sementara itu Adnan Pandu Praja, Wakil Ketua KPK mengatakan kampanye lewat film lebih efektif. "Itulah alasan kami mengapa ada festival film tentang korupsi (ACFFest).

Pendaftaran kompetisi film dibuka selama dua bulan, mulai 22 September hingga 22 November 2013. Film akan diseleksi oleh tim juri independen yang terdiri dari sutradara, tokoh dan pakar film dalam bidangnya masing-masing. Puncak kegiatan akan digelar pada peringatan Hari Antikorupsi Sedunia pada 9-12 Desember 2013 di Jakarta dengan pemutaran film-film terbaik dan ditutup dengan penganugerahan bagi para sineas muda terbaik.

Tags:

Berita Terkait