Yuk Pahami Teknik Penyusunan Contract Drafting dalam Penggunaan Bahasa Inggris
Info Hukumonline

Yuk Pahami Teknik Penyusunan Contract Drafting dalam Penggunaan Bahasa Inggris

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan teknik dalam menyusun dokumen hukum, termasuk kontrak, dan memilih kata-kata bahasa Inggris yang akurat dengan kosakata hukum dalam bahasa Inggris yang sesuai.

Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Yuk Pahami Teknik Penyusunan Contract Drafting dalam Penggunaan Bahasa Inggris
Hukumonline

Kemampuan untuk menyusun draft sebuah kontrak telah menjadi keperluan yang sangat mendesak bagi pelaku usaha. Hal ini menjadi salah satu cara untuk meminimalisir risiko kerugian yang dapat terjadi. Kontrak mengatur hak dan kewajiban dari pihak yang terlibat dalam suatu kegiatan.

Dalam penyusunan sebuah kontrak terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan, di antaranya identifikasi para pihak, negosiasi, hingga bagian-bagian atau struktur kontrak. Regulasi mengenai kontrak yang berlaku saat ini seperti syarat sahnya, macam-macam kontrak, dan sebagainya dapat dilihat dalam Pasal 1233 sampai Pasal 1864 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Dalam implementasinya, banyak pihak yang hanya menduplikasi draft kontrak yang telah ada sebelumnya sehingga pihak-pihak tersebut tidak memahami betul mengenai isi kontrak itu sendiri, terlebih jika kontrak dibuat dengan bahasa Inggris. Oleh sebab itu, perlu adanya pengetahuan yang lebih mendalam terkait perancangan kontrak atau contract drafting terutama kontrak yang dibuat dalam bahasa Inggris.

Pentingnya memahami kontrak yang dibuat dalam bahasa Inggris, membuat Hukumonline menyelenggarakan Hukumonline Training 2023 “Drafting Legal Documents and Contracts in English” yang akan diadakan pada Selasa – Rabu, 6-7 Juni 2023 di Fraser Place Setiabudi, Jakarta.

Pelatihan ini akan menghadirkan salah satu pakar di bidang Contract Drafting yaitu Keld Conradsen, B.A., LL.B., LL.M., MBA. - Foreign Counsel dari DDC Lawyers dan Penasihat Bisnis Perusahaan. Keld memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman bekerja sebagai pengacara komersial, yang berpengalaman menangani permasalahan komersial dan transaksi lintas Negara. Keld juga kerap menjadi pembicara dalam pelatihan-pelatihan terkait dengan penyusunan kontrak hukum.

Kami membuka pendaftaran Training ini bagi yang berminat. Jangan sampai melewatkan kesempatan ini, tempat terbatas, first come first served! Jika Anda tertarik, silahkan klik di sini atau klik gambar di bawah ini!

Hukumonline.com

Materi yang akan disampaikan antara lain mengenai tata cara dan format dalam membuat kontrak, seperti penggunaan plain english serta hal-hal apa saja yang harus dihindari dan apa yang harus diperhatikan dalam membuat dokumen hukum. Dan mengikuti perkembangan teknologi, akan membahas mengenai bagaimana penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam perancangan kontrak atau contract drafting.

Sebagaimana diketahui, tidak sedikit pelaku usaha yang belum handal berbahasa Inggris dan perlu untuk membuat sebuah kontrak, sehingga pihak tersebut akhirnya membuat kontrak tanpa detail dan relevansi yang jelas. Akibat dari hal tersebut mungkin tidak terjadi dalam waktu dekat, melainkan dalam jangka panjangnya, hal tersebut dapat menyebabkan permasalahan berupa timbulnya kerugian-kerugian yang sebetulnya dapat dihindari apabila membuat kontrak dengan benar. Untuk itu, memahami perancangan kontrak atau contract drafting yang sesuai dengan ketentuan atau peraturan berlaku menjadi sebuah keharusan.

Tags:

Berita Terkait