Valen Diyen: Keandalan Bukan Hanya Merupakan Pencapaian, Tetapi Juga Komitmen
Hukumonline NeXGen Lawyers 2024

Valen Diyen: Keandalan Bukan Hanya Merupakan Pencapaian, Tetapi Juga Komitmen

Valen memandang bahwa kemampuan komunikasi yang baik diperlukan untuk menjaga relasi dengan berbagai pihak, termasuk yang pernah berseberangan dengannya secara profesional. Etika sopan santun, dedikasi, usaha, dan kerja keras yang diterapkan secara konsisten menjadi bekal bagi lawyer untuk meningkatkan keandalan diri.

Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Associate AHRP Law Firm, Valen Diyen. Foto: Istimewa
Associate AHRP Law Firm, Valen Diyen. Foto: Istimewa

Dalam bidang hukum, keandalan yang konsisten merupakan ekspektasi yang selalu diharapkan klien dari lawyer. Pemikiran ini terus tepatri dalam benak Valen Diyen, seorang Associate AHRP Law Firm.

Dalam kapasitasnya sebagai seorang lawyer, ia menanamkan mindset untuk mencapai dan mempertahankan keandalan sebagai manifestasi dari profesionalisme dan komitmen yang tinggi di bidang hukum.

Awal mula keinginannya untuk berkarier dalam dunia hukum adalah ketertarikannya dalam debat hukum sewaktu ia menempuh pendidikan formal. Kini, telah genap tiga tahun ia menjadi bagian dari AHRP, dalam memberikan pendampingan terhadap berbagai permasalahan hukum kepada berbagai klien dari latar belakang yang bervariatif. 

Sebagai seorang associate yang berkecimpung di project development, banyak tantangan yang harus dilalui. Di antaranya pemahaman atas suatu project, tak hanya dari aspek legal, melainkan dari aspek teknis dan komersial.

Namun, bagi Valen tantangan-tantangan tersebut membuatnya tertarik mengerjakan sebuah project. Dia juga merasa bangga ketika dapat melihat langsung manfaat dari project yang dikerjakan tersebut. Hal ini membuatnya lebih bersemangat. 

Infrastruktur jalan tol merupakan salah satu sektor yang didalami oleh Valen. Hampir dua setengah tahun belakangan ini, ia dipercaya mendampingi Asosiasi Jalan Tol Indonesia, yang menaungi lima puluh lebih badan usaha jalan tol. Dia memberikan beragam pandangan hukum, mulai dari masukan terhadap penyusunan peraturan perundang-undangan terkait dengan bisnis jalan tol hingga rencana penerapan sistem multi-lane free flow sebagai sistem transaksi tol.

Demi menunjukkan keseriusan dalam mendukung perkembangan pembangunan infrastruktur, khususnya jalan tol di Indonesia, Valen juga terlibat sebagai salah satu penulis dalam Buku Kajian Kritis Pembangunan Jalan Tol di Indonesia. Buku ini diluncurkan oleh Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada bersama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

Tags:

Berita Terkait