Primkoal Surabaya Terbukti Memonopoli Taksi Bandara Juanda
Berita

Primkoal Surabaya Terbukti Memonopoli Taksi Bandara Juanda

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memerintahkan PT Angkasa Pura I membuka kesempatan kepada operator taksi lain di Bandara Juanda, Surabaya.

M-7
Bacaan 2 Menit
Primkoal Surabaya Terbukti Memonopoli Taksi Bandara Juanda
Hukumonline

Kesempatan ubah prilaku yang disarankan KPPU kepada PT Angkasa Pura (AP) I nampaknya tidak digubris. Setelah Komisi melakukan monitoring, geliat monopoli taksi bandara di Bandar Udara Juanda, Surabaya, masih terus terjadi. Padahal, ‘teguran’ sudah dilayangkan KPPU sejak Juni 2009 lalu. Sebenarnya, terkait monopoli taksi, bukan hanya AP I cabang Bandara Internasional Juanda saja yang ditegur, tapi juga dua bandara internasional lainnya, yakni Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, dan Bandara Hang Nadim, Batam.

 

Lantaran saran dan pertimbangan tak diindahkan, KPPU lantas menjadikan kasus ini menjadi perkara inisiatif. Bukan hanya AP I cabang Bandara Juanda saja yang menjadi terlapor, tapi juga Primer Koperasi Angkatan Laut (Primkoal) Surabaya yang didaulat menjadi Terlapor II. AP I sendiri diposisikan sebagai Terlapor I.

 

Puncaknya, Selasa (30/3) kemarin, KPPU memutus bersalah AP I Juanda dan  Primkoal Surabaya. Dalam putusan KPPU Perkara No. 20/KPPU-I/2009, keduanya dinyatakan terbukti melakukan pelanggaran Pasal 17 dan Pasal 19 a UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Pasal 17 mengatur tentang monopoli yang dilarang, sedangkan Pasal 19 a mengenai larangan menghalangi pelaku usaha tertentu untuk melakukan kegiatan usaha yang sama pada pasar bersangkutan.

 

Menurut Majelis Komisi yang diketuai Tadjuddin Noer Said, serta beranggotakan Dedie S Martadisastra dan Didik Akhmadi, taksi milik Primkoal Surabaya menjadi operator tunggal penyedia taksi di Bandara Juanda. Hal ini didasarkan pada Perjanjian Kerja Sama No. KRT/02/X2/2006 tertanggal 6 Oktober 2006. Di mana AP I menunjuk Primkoal Surabaya untuk pengoperasian jasa taksi penumpang Bandara Juanda yang bisa diperpanjang setiap tahunnya. Ternyata sejak tahun 1979, Primkoal merupakan satu-satunya operator taksi yang memberikan jasa layanan angkutan di Bandara Juanda.

 

AP I sendiri berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 70 Tahun 2001 tentang Kebandaraudaraan jo Kepmenhub No. KM 48 Tahun 2002 tentang Penyelenggaran Bandar Udara Umum jo Keputusan Dirjen Perhubungan Udara No: 100/XI/1985 berwenang untuk mengatur jasa penunjang kegiatan penerbangan, salah satunya termasuk jasa pelayanan angkutan darat (land transportation service). Kendati AP I memiliki kewenangan untuk mengatur jasa penunjang kegiatan penerbangan, namun BUMN pengelola bandara itu telah memberikan kewenangan kepada Primkoal untuk mengatur urusan operasional taksi bandara.

 

Dalam pembelaannya, Primkoal mendalilkan bahwa tidak hanya taksi mereka yang beroperasi di Bandara Juanda. Menurut Primkoal, karena adanya lonjakan penumpang, Primkoal berinisiatif melakukan kerja sama dengan PT Para Bathara Surya (Taksi Silver), PT Ekspress Kartika Perdana (Taksi Semesta) dan PT Zebra Nusantara Tbk (Taksi Zebra). Kerja sama itu sendiri tidak melibatkan AP I.

Tags: