Pengusaha dan DPR Minta Kenaikan TDL Ditunda
Berita

Pengusaha dan DPR Minta Kenaikan TDL Ditunda

Pemerintah akan mengkaji rencana selanjutnya.

Oleh:
yoz
Bacaan 2 Menit
Ketua Umum Apindo Sofyan Wanandi katakan keberatan dengan kenaikan TDL. Foto: Sgp
Ketua Umum Apindo Sofyan Wanandi katakan keberatan dengan kenaikan TDL. Foto: Sgp

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menolak rencana pemerintah menaikkan tarif dasar listrik (TDL) tahun ini. Mereka menilai kenaikan berdampak negatif bagi industri, terutama industri tekstil. Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang akan terjadi per 1 April 2012, sudah cukup membuat pengusaha kerepotan.

Dalam jumpa pers, Rabu (14/3), Ketua Umum Apindo Sofyan Wanandi mengatakan, pihaknya keberatan dengan rencana pemerintah yang ingin menaikkan TDL satu bulan sesudah kenaikan harga BBM. Dia meminta rencana itu ditunda setidaknya hingga tahun depan. “Bagi kami kenaikan BBM sudah tidak bisa ditolak lagi meskipun sebenarnya itu berat, tapi kalau TDL kami menolak,” tegasnya.

Kenaikan TDL jelas akan berdampak signifikan terhadap industri kecil, di mana biaya produksi akan berdambah. Sofyan khawatir jika kenaikan harga BBM dibarengi dengan kenaikan TDL maka banyak pengusaha kecil menengah, terutama yang bergerak di bidang tekstil akan gulung tikar.

Bukan itu saja. Kenaikan BBM dan TDL yang dilakukan secara berdekatan bisa berpengaruh terhadap investor asing yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia. Dia berharap pemerintah dan pengusaha memiliki tujuan yang sama, yaitu membangun industri nasional yang kuat.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (API) Ade Sudrajat menambahkan, beberapa waktu lalu, ada investor asing yang berasal dari Taiwan, Jepang, dan Korea yang ingin menanamkan investasi di bidang tekstil. Menurutnya, serapan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh para investor itu bisa mencapai 10 ribu orang.

“Tetapi dengan adanya rencana kenaikan TDL, ada beberapa pengusaha asing yang mau pergi dan batal menanamkan modalnya,” tutur Ade di tempat yang sama.

Seperti diketahui, kenaikan TDL termasuk salah satu kebijakan pemerintah  untuk menekan  subsidi seperti amanat UU No. 22 Tahun 2012 tentang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2012, di mana pada 1 April TDL naik 10 persen. Namun, pemerintah memilih menaikkan TDL secara bertahap.  

Halaman Selanjutnya:
Tags: