22 Universitas Adu Kemampuan di Bussiness Law Competition
Rechtschool

22 Universitas Adu Kemampuan di Bussiness Law Competition

Ada yang langsung pasang target juara. Tapi persaingan cukup ketat.

Oleh:
HRS
Bacaan 2 Menit
Foto: www.humas.ui.ac.id
Foto: www.humas.ui.ac.id

Salah satu ajang kompetisi tahunan peminatan hukum bisnis di Fakultas Hukum Universitas Indonesia kembali digelar, Business Law Competition (BLC). Tampaknya, BLC dari tahun ke tahun semakin diminati mahasiswa. Terbukti, untuk The 4th Business Law Competition Tahun 2013 diikuti oleh 22 universitas di seluruh Indonesia.

Dari wilayah Pulau Sumatera tercatat Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Jambi (UNJA), dan Universitas Nommensen Medan. Lalu, dari wilayah Jabodetabek, turut berpartisipasi antara lain Universitas Atmajaya, Universitas Trisakti, Universitas Tarumanegara (UNTAR), Universitas Bina Nusantara, Universitas Jayabaya, Universitas Esa Unggul,Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, dan Universitas Indonesia (UI) selaku tuan rumah.

Partisipan dari Pulau Jawa lainnya antara lain Universitas Parahyangan (Unpar), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Semarang, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Kristen Maranatha, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Surabaya, Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Padjajaran (Unpad), dan UPH Surabaya.

Ketua Pelaksana The 4th BLC, Sofiah Kusuma Wardani menyatakan ada tiga ajang yang diperlombakan, yaitu Legal Opinion (LO), Battle of Brain (BoB), dan Negotiation and Contract Drafting (Condraft). Tiap-tiap cabang, universitas hanya diperbolehkan mengirimkan dua delegasi dengan komposisi yang berbeda, yaitu 1 peserta per tim untuk LO, 2 peserta per tim untuk BoB, dan 6 peserta per tim untuk Condraft.

Meskipun UI bertindak sebagai tuan rumah dan peserta, Sofiah menjamin penjurian akan dilakukan secara adil. Bahkan, identitas para juri saja masih dirahasiakan. Tak seorang peserta pun mengetahuinya.

“Kita jurinya mandiri, tidak ada yang dari UI. Bahkan, identitas peserta (dari UI, red) dan juri saja sifatnya rahasia,” tutur Sofiah usai opening ceremony The 4th BLC di FHUI, Jumat (27/9).

Targetkan Juara I
Putri Meisita, salah satu delegasi UI untuk Contract Drafting, menyatakan timnya harus berjuang keras demi mempertahankan gelar juara yang dipegang UI pada tahun sebelumnya. Satu tim UI lagi telah gugur di babak penyisihan. Sehingga, tim Putri harus menyingkirkan 5 tim lain di babak final untuk menyabet gelar. Lima tim tersebut berasal dari UIN Sunan Kalijaga, Unpar, Unika Atmajaya, dan Unpad Bandung (2 tim).

Tags:

Berita Terkait