Polisi Militer Dalami Keterlibatan TNI Lindungi Pembalakan Liar
Aktual

Polisi Militer Dalami Keterlibatan TNI Lindungi Pembalakan Liar

ANT | Sandy Indra Pratama
Bacaan 2 Menit
Polisi Militer Dalami Keterlibatan TNI Lindungi Pembalakan Liar
Hukumonline

Detasemen Polisi Militer 1/3 Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menyelidiki dugaan adanya oknum TNI yang terlibat aksi perambahan hutan di Kabupaten Pelalawan.
"Saya sudah mendengar laporan itu. Sekarang kita masih koordinasi dengan Polres Pelalawan. Jika terbukti kita akan tindak tegas," kata Komandan Denpom 1/3 Pekanbaru, Letkol (CPM) Johny JP Palupessy di Pekanbaru, kemarin.
Informasi yang diperoleh Antara di Pekanbaru, oknum TNI yang diduga terlibat menjadi pelindung pembalakan liar itu terjadi pada Rabu dinihari sekitar pukul 04.30 WIB.
Saat itu, sejumlah anggota intel Polres Pelalawan mendapat informasi akan adanya dua truk yang mengangkut ratusan kubik kayu diduga hasil pembalakan liar di Hutan Lindung Suaka Margastwa Kerumutan, Pelalawan.
Informasi itu ditindak lanjuti dengan cara melakukan penyelidikan ke lapangan. Hasilnya, petugas menemukan dua truk tersebut di Kecamatan Pangkalan Lesung.
Polisi selanjutnya mengekori kedua mobil itu yang bergerak dari arah Pelalawan menuju Pekanbaru. Pada saat dibuntuti, terpantau dua mobil minibus mengawal kedua truk tersebut.
Sekira pukul 04.30 WIB, kedua truk itu melintas di depan Mapolres Pelalawan. Petugas yang sedang melakukan operasi rutin selanjutnya menghentikan mobil truk warna kuning itu. Hasilnya, ditemukan ratusan batang kayu olahan setengah jadi tanpa kelengkapan dokumen.
Halaman Selanjutnya:
Tags: