Jumat, 10 Agustus 2018
Foto Essay
Sapa Pendukung Hiasi Pendaftaran Capres-Cawapres Pemilu 2019
Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno bergantian mendaftar sebagai capres-cawapres pemilu 2019 di KPU. Kedua pasangan pun menyapa para pendukungnya yang telah setia menunggu.
Resa Esnir
0
Sapa Pendukung Hiasi Pendaftaran Capres-Cawapres Pemilu 2019
Foto: RES

Jumat 10 Agustus 2018, merupakan hari bersejarah bagi pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Dua pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden mendaftar sebagai capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kedua pasangan tersebut adalah Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. Kedatangan kedua pasangan capres-cawapres tersebut pun berlangsung secara bergantian.

Jokowi-Ma’ruf Amin adalah pasangan pertama yang hadir di KPU untuk mendaftar. Kedatangan mereka diiringi oleh para ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik yang masuk dalam Koalisi Indonesia Kerja tersebut.

Pasangan ini tiba di kantor KPU di Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB pagi. Jokowi datang mengenakan kemeja putih bertuliskan 'bersih, merakyat, kerja nyata'. Sementara KH Maruf mengenakan baju putih, sorban dengan peci hitam.

Usai menyerahkan berkas dan dokumen, Jokowi dan Ma’ruf Amin keluar dan langsung menyapa para relawan yang sejak pagi setia menunggu di depan gedung KPU. Jokowi sempat menyampaikan pidato di depan para pendukungnya.

“Saya ingin mengajak seluruh rakyat RI agar menjadikan proses Pemilu 2019 benar-benar menjadi perayaan kegembiraan dalam berdemokrasi. Di mana setiap orang bisa menunjukkan berdemokrasi dengan kegembiraan, penuh dengan riang gembira,” kata Jokowi. Usai menyapa, Jokowi dan rombongan pun meninggalkan Gedung KPU.

Suasana riuh pagi itu sempat mereda, tapi tak lama. Siang harinya, tepatnya pukul 13.35 WIB giliran pasangan capres-cawapres, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno yang mendatangi Gedung KPU.

Kedatangan pasangan Prabowo-Sandiaga juga diiringi oleh ketua umum dan sekjen koalisi partai politik. Prabowo mengenakan kemeja putih sedangkan Sandiaga mengenakan kemeja biru. Keduanya sama-sama memakai peci hitam.

Usai menyerahkan berkas dan dokumen, Prabowo dan Sandi keluar dari gedung KPU dan langsung menyapa para pendukungnya yang setia menunggu. Usai menyapa, pasangan capres-cawapres ini beserta petinggi partai politik pendukung meninggalkan gedung KPU.

"Terima kasih atas kedatangan Saudara-saudara. Saya baca berita, saudara-saudara long march dari Surabaya. Terima kasih semangatmu. Saya di sini dengan saudara Sandiaga Uno dan dengan seluruh kekuatan yang mendukung saya, saya berjuang untuk rakyat semua," ujar Prabowo.

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.