55 CHA dan 11 Calon Hakim Ad Hoc Tipikor MA Lulus Seleksi Kualitas
Terbaru

55 CHA dan 11 Calon Hakim Ad Hoc Tipikor MA Lulus Seleksi Kualitas

Para calon yang lulus kualitas selanjutnya mengikuti Seleksi Kesehatan dan Kepribadian yang diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal 1-11 Maret 2022.

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 2 Menit
Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY, Siti Nurdjanah. Foto: Humas KY
Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY, Siti Nurdjanah. Foto: Humas KY

Sebanyak 55 orang dari 126 orang calon hakim agung (CHA) dan 11 orang dari 45 calon hakim ad hoc tindak pidana korupsi (tipikor) di Mahkamah Agung dinyatakan lulus Seleksi Kualitas oleh Komisi Yudisial (KY). Para calon yang lulus kualitas selanjutnya mengikuti Seleksi Kesehatan dan Kepribadian yang diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal 1-11 Maret 2022 (jadwal masing- masing calon akan disampaikan kemudian).

Pengumuman kelulusan itu disampaikan oleh Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Siti Nurdjanah melalui konferensi pers secara daring, Senin (31/1/2022). Penetapan kelulusan seleksi kualitas tersebut dibahas dalam Rapat Pleno KY CHA Tahun 2021, Senin, 31 Januari 2022 di Ruang Rapat Pimpinan KY, Jakarta Pusat.

"Untuk calon hakim agung yang lolos seleksi kualitas berjumlah 55 orang yaitu 43 orang berasal dari jalur karier dan 12 orang berasal dari jalur nonkarier," ujar Siti Nurdjanah di hadapan para awak media.

(Baca Juga: Resmi Ditutup, KY Terima 136 Pendaftar CHA dan 57 Hakim Ad Hoc Tipikor)

Nurdjanah mengatakan dari 55 calon hakim agung yang lulus seleksi, bila dirinci berdasarkan jenis kamar yang dipilih, maka terdiri dari 36 orang memilih kamar Pidana; 5 orang memilih kamar Perdata; 6 orang memilih kamar Agama; dan 8 orang memilih kamar TUN (khusus pajak).

Berdasarkan jenis kelamin, lanjut Nurdjanah, 49 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. "Berdasarkan tingkat pendidikan, sebanyak 16 orang bergelar master, dan 39 orang bergelar doktor," lanjut Nurdjanah.

Sementara untuk calon hakim ad hoc tipikor di MA, Nurdjanah mengungkap ada 5 orang bergelar master dan 6 orang bergelar doktor. Berdasarkan jenis kelamin ada 9 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. "Sejauh ini, para calon yang tidak lulus seleksi kualitas karena tidak memenuhi nilai ambang batas atau passing grade yang ditetapkan dalam Rapat Pleno KY," jelas Nurdjanah.

Pengumuman hasil seleksi kualitas CHA dapat dilihat di website KY yaitu www.komisiyudisial.go.id mulai 31 Januari 2022.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait