Alumnus FHUI Ini Emban KGPAA Mangkunegara X
Terbaru

Alumnus FHUI Ini Emban KGPAA Mangkunegara X

Selama masa perkuliahan, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo telah menorehkan prestasi pada tingkat internasional bersama Tim Mooting Vis FHUI di tahun 2018.

Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. Foto: Laman Resmi Puro Mangkunegaran
Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. Foto: Laman Resmi Puro Mangkunegaran

Pasca Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX tutup usia, Jum’at (13/8/2021) lalu di Jakarta dalam usia 70 tahun, kursi pemimpin Mangkunegara sempat kosong. Sebelumnya terdapat sejumlah nama yang dipertimbangkan untuk menduduki posisi itu. Namun, kini telah terjawab dengan ditetapkannya Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegara X.

Sebagai putra bungsu dari pasangan KGPAA Mangkunegara IX dan Prisca Marina yang telah diangkat menjadi permaisuri bergelar Gusti Kanjeng Putri (GKP), GPH Bhre Cakrahutomo memiliki usia yang terbilang muda. Bhre lahir pada 29 Maret 1997, sehingga usianya baru akan genap 25 tahun pada akhir bulan mendatang.

Mengutip dari beberapa media, Bhre telah mengenyam pendidikan tingginya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) dan mendapatkan gelar sarjana hukumnya pada tahun 2019 lalu. Selama menjajaki bangku mahasiswa, dia telah menorehkan prestasi bukan hanya di lingkup nasional namun hingga level internasional.

Bhre pernah menjadi bagian dari Tim Mooting (Sidang Semu) Vis FHUI. Ia memperoleh gelar champion di Praha, Republik Ceko pada 2018 lalu bersama dengan rekan-rekan timnya.

Bersama timnya, Bhre menyabet juara sesi final Pre-Moot Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot ke-10 yang merupakan ajang “pemanasan” peserta dengan latih tanding sebelum menyambangi ajang Vis Moot. Kompetisi itu diselenggarakan oleh Pace Law School, Vis Moot Foundation dan United Nations Commission on International Trade Law

Mengutip laman Puro Mangkunegaran, meski masih berusia muda dan berstatus lajang, Bhre telah mengemban tanggung jawab dari mendiang Mangkunegara IX dalam penyelenggaraan proyek renovasi Keraton Mangkunegaran oleh pemerintah.

Dia juga telah turut serta, hadir dan memegang peran penting dalam berbagai acara Pura Mangkunegaran dalam beberapa tahun belakangan. Salah satu diantaranya adalah menjadi cucu’ lampah pada saat kirab pusaka 1 Suro Wawu 1953 atau Sabtu (31/8/2019). Dalam kesempatan itu, Bhre sebagai orang di barisan paling depan diikuti peserta kirab yang terdiri dari tamu undangan, kerabat dalem, abdi dalem, dan masyarakat.

Pengukuhan atau jumeneng atas GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo menjadi Mangkunegara X akan segera dilangsungkan pada 12 Maret 2022 mendatang. Berbagai upaya untuk mempersiapkan pengukuhan telah dilaksanakan. Hingga berita ini diturunkan, Hukumonline telah mencoba untuk menghubungi GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. Namun konfirmasi yang disampaikan, dirinya belum dapat berkomentar secara langsung mendekati hari H pengangkatan dirinya sebagai Mangkunegara X. 

Tags:

Berita Terkait