Organisasi Lingkungan Hidup: Bank Berperan Penting Cegah Krisis Iklim
Terbaru

Organisasi Lingkungan Hidup: Bank Berperan Penting Cegah Krisis Iklim

Banyak bank nasional yang memberikan pendanaan kepada industri energi fosil terutama batubara. Batubara termasuk penyumbang emisi karbon terbesar yang berkontribusi terhadap krisis iklim.

Oleh:
Ady Thea DA
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi: Shutterstock
Ilustrasi: Shutterstock

Krisis iklim merupakan salah satu tantangan global yang dihadapi semua negara di dunia. Dampak krisis iklim ini berdampak besar terhadap negara yang wilayahnya terdiri dari kepulauan seperti Indonesia. Salah satu dampak krisis iklim adalah naiknya permukaan air laut yang berpotensi menenggelamkan daratan atau pulau.

Digital Campaigner350.org Indonesia, Jeri Asmoro, menegaskan berbagai kajian ilmiah telah jelas menunjukan perubahan iklim mengancam manusia. Jika telat mengantisipasi perubahan iklim maka peluang yang tersedia untuk mengantisipasi krisis iklim semakin kecil.

Mengutip data BNPB dalam dua bulan terakhir telah terjadi sebanyak 742 bencana di Indonesia. Bencana paling banyak yakni cuaca ekstrim 282 kasus, banjir 277 kasus, dan tanah longsor 149 kasus. Bencana itu menurut Jeri adalah dampak dari krisis iklim.

“Banjir berbulan-bulan di Kalimantan bisa berulang terus dan makin parah jika krisis iklim tidak ditangani secara serius,” katanya dalam diskusi bertema Laporan IPCC dan Bencana Iklim di Indonesia: Sejauh Mana Dampak Krisis Iklim Terhadap Indonesia Sebagai Negara Kepulauan, Selasa (01/03/2022).

Melansir data Bappenas Jeri menyebut total kerugian yang bisa dialami oleh sektor-sektor prioritas ketahanan iklim pada RPJMN 2020-2024 mencapai Rp544 triliun. Kerugian itu berpotensi meningkat sampai tahun 2024.

Baca:

Jeri menyebut salah satu sektor yang kerap luput dari perhatian publik terkait perubahan iklim yakni sektor keuangan seperti bank. Selama ini banyak bank nasional yang memberikan pendanaan untuk proyek atau industri energi fosil atau yang menghasilkan emisi karbon tinggi seperti batubara.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait