Bank Dunia Buka Pendaftaran Program Magang bagi Mahasiswa Hukum, Tertarik?
Terbaru

Bank Dunia Buka Pendaftaran Program Magang bagi Mahasiswa Hukum, Tertarik?

Dengan mengikuti program magang ini, mahasiswa hukum dapat mempelajari perspektif baru, ide inovatif, dan merasakan pengalaman riset terkini di lingkungan Bank Dunia.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Grup Bank Dunia (The World Bank Group) mempunyai 189 negara anggota dengan staf yang berasal dari lebih dari 170 negara. Mereka sudah memiliki kantor cabang di lebih dari 130 lokasi. Kelompok khusus ini merupakan salah satu sumber pendanaan dan pengetahuan terbesar di dunia bagi negara-negara berkembang. Terdiri dari lima lembaga, Bank Dunia berupaya mencari solusi berkelanjutan mengurangi kemiskinan dan membangun kesejahteraan bersama.

Saat ini The World Bank Legal Vice Presidency membuka kesempatan bagi mahasiswa hukum yang memiliki motivasi tinggi untuk berkesempatan dalam turut serta dalam misi dan bekerja untuk Bank Dunia di bidang hukum. Melalui The World Bank Legal Internship Program, mahasiswa hukum dapat mempelajari perspektif baru, ide inovatif, dan merasakan pengalaman riset terkini di lingkungan Bank Dunia. Sekaligus dapat meningkatkan kemampuan hukum mereka selagi bekerja pada lingkungan yang multikultur.

Kandidat akan dapat merasakan langsung pengalaman operasional Bank Dunia sehari-hari dengan berkolaborasi erat dengan staf di Wakil Presiden Hukum. Para siswa akan mendapatkan kesempatan untuk berkontribusi pada layanan hukum yang ditawarkan oleh Wakil Presiden Hukum. Mereka juga dapat berpartisipasi dalam acara dan konferensi penting yang diselenggarakan selama masa magang.

Program magang itu sendiri ditawarkan tiga kali setahun untuk jangka waktu maksimal tiga bulan di Kantor Pusat Bank Dunia di Washington, D.C. dan juga di beberapa kantor negara terpilih untuk siswa sekolah hukum yang saat ini terdaftar. Ini adalah kesempatan emas bagi mahasiswa hukum yang mempunyai minat terhadap hukum dan ekonomi dunia.

Kualifikasinya terdiri dari memiliki kewarganegaraan negara anggota IBRD (International Bank for Reconstruction and Development); terdaftar dalam program LLB (setara dengan Sarjana Hukum), JD, LLM, SJD, PhD, atau program akademik hukum yang setara saat melakukan magang; serta penguasaan bahasa Inggris yang sangat baik.

Jika memenuhi syarat untuk magang di Wakil Presiden Hukum, maka kandidat dapat melamar program tersebut. Perlu dicatat, ada preferensi yang akan diberikan kepada kandidat yang menguasai bahasa kedua dengan baik, terutama jika bahasa tersebut adalah salah satu bahasa kerja IBRD. Seperti bahasa Arab, Cina, Prancis, Rusia, atau Spanyol.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, program magang ditawarkan tiga kali setahun dengan jangka waktu maksimal 3 bulan. Pertama, akan ada Program Magang Musim Panas (Summer Internship Program) yang periode lamarannya akan dimulai pada 1 Desember dan berakhir pada 31 Desembe. Sedangkan periode Magang adalah 10-12 minggu, biasanya antara bulan Juni dan Agustus, tergantung kebutuhan yang ada.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait