Begini Aktivitas Libur Lebaran Sang Pengawal Konstitusi
Begini Aktivitas Libur Lebaran Sang Pengawal Konstitusi
Edsus Lebaran 2022

Begini Aktivitas Libur Lebaran Sang Pengawal Konstitusi

Umumnya, para hakim konstitusi menghabiskan libur lebaran bersama keluarganya untuk bersilaturahmi, rekreasi bersama keluarga, hingga memeriksa berkas perkara yang belum terselesaikan.

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 3 Menit
Sejumlah hakim konstitusi saat berfoto bersama Presiden Joko Widodo. Foto: RES
Sejumlah hakim konstitusi saat berfoto bersama Presiden Joko Widodo. Foto: RES

Hari Raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 2-3 Mei 2022, bagi pekerja swasta dan pegawai negeri menjalani cuti bersama menikmati libur lebaran untuk merayakan hari besar bagi umat islam di Indonesia. Hari Lebaran Idul Fitri adalah momen yang ditunggu-tunggu umat Islam di Indonesia.  

Libur lebaran ini umumnya diisi dengan bersilaturahmi dengan tetangga, teman dekat, dan pastinya keluarga besar, berwisata bersama keluarga, bertemu dengan teman-teman lama untuk silatuhrami, hingga mudik ke kampung halaman untuk merayakan lebaran. Hal itu yang lazim dilakukan masyarakat. Lalu, bagaimana biasanya aktivitas libur lebaran yang dilakukan hakim konstitusi?

Hakim Konstitusi yang sekaligus Juru Bicara MK, Prof Enny Nurbaningsih mengatakan Hari Raya Idul Fitri dibarengi dengan libur nasional atau biasanya dinamakan libur lebaran tentu harus dihormati dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Para hakim konstitusi pun berhak menikmati libur lebaran untuk merayakan hari besar umat Islam sesuai agama yang dianut.

“Pada hari idul fitri, saya sholat idul fitri, setelah itu silaturahmi dengan keluarga terdekat. Setiap libur lebaran dan merayakannya saya selalu di Yogyakarta, rumah saya disana,” kata Enny kepada Hukumonline, (21/4/2022).

Baca:

Dia mengaku dalam setiap momen libur lebaran tidak open house karena untuk menjaga agar tidak ada fitnah. “Saya ingin lebih intim bersama keluarga, menikmati bersama anak-anak hingga cucu-cucu saya, karena selama ini saya lebih sering di Jakarta dan jarang bersama keluarga (Yogyakarta). Jadi, ini momen menghabiskan waktu bersama keluarga terdekat. Hal ini sudah menjadi kebahagiaan yang luar biasa buat saya,” ungkapnya.

Meski begitu, ketika libur lebaran tidak bisa full lepas begitu saja dari tugas-tugas sebagai hakim konstitusi dalam memeriksa perkara. Dirinya pun selalu membawa berkas perkara setiap berpergian keluar kota agar dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk menelaah setiap perkara.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait