Berkarier Sebagai Diplomat untuk Lulusan Ilmu Hukum
Utama

Berkarier Sebagai Diplomat untuk Lulusan Ilmu Hukum

Ilmu Hukum dengan konsentrasi hukum internasional, mahasiswa akan berfokus dalam mempelajari ilmu hukum dalam konteks global karena setiap negara memiliki struktur hukum yang berbeda.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Berkarier Sebagai Diplomat untuk Lulusan Ilmu Hukum
Hukumonline

Berkarier sebagai diplomat tidak hanya terbuka bagi lulusan Hubungan Internasional, namun jurusan Ilmu Hukum juga bisa berkarier sebagai diplomat. Fungsi diplomat sebagai negotiating, representing, protecting, dan reporting adalah pengetahuan yang dipelajari oleh sebagian besar mahasiswa Ilmu Hukum.

Diplomat adalah profesi yang ditunjuk negara untuk melakukan diplomasi dan menjalin hubungan dengan perwakilan negara lain pada suatu organisasi internasional. Menteri luar negeri, duta besar, dan pejabat diplomat adalah pekerjaan yang masuk ke dalam profesi diplomat.

Pendidikan yang perlu ditempuh untuk dapat berkarier sebagai diplomat adalah perkuliahan Strata 1. Selain Ilmu Hubungan Internasional, profesi diplomat terbuka juga untuk lulusan Ilmu Hukum dengan konsentrasi hukum internasional.

Baca Juga:

Dibanding dengan hukum pidana atau hukum perdata, konsentrasi hukum internasional cukup baru. Hukum internasional hadir akibat gempuran globalisasi sehingga perlunya regulasi untuk menjangkau wilayah di belahan dunia yang tidak terjangkau oleh perlindungan hukum negara manapun.

Baca Juga artikel terkait seputar mahasiswa hukum dan profesi, silakan klik artikel Klinik berikut ini: Kasus Pidana yang Bisa Dilakukan Penyelesaian Hukum Secara Kekeluargaan

Hukum internasional juga mengatur terkait hak asasi manusia, perdagangan internasional, hukum organisasi internasional, hukum perjanjian internasional, hukum udara dan ruang angkasa, studi kasus hukum internasional, hukum laut internasional, hukum ekonomi internasional, hukum diplomatik, hingga hukum penyelesaian sengketa internasional.

Tags:

Berita Terkait