BI Koordinasi dengan Pemerintah Terkait Cadangan Devisa
Berita

BI Koordinasi dengan Pemerintah Terkait Cadangan Devisa

Sayangnya BI belum bisa mengutarakan berapa besaran cadangan devisa Indonesia per akhir Juni 2013.

FAT
Bacaan 2 Menit
BI Koordinasi dengan Pemerintah Terkait Cadangan Devisa
Hukumonline

Terkait menurunnya cadangan devisa per April hingga Mei 2013, Bank Indonesia (BI) menyatakan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Koordinasi dilakukan untuk menyambut serangkaian kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk menjaga agar cadangan devisa Indonesia tetap terjaga.

"Kita sambut baik respon yang dilakukan oleh pemerintah maupun pemerintah daerah. Kita dari BI terus berkoordinasi juga dengan pemerintah," ujar Gubernur BI Agus DW Martowardojo di Jakarta, Jumat (5/7).

Namun, BI belum bisa menjelaskan berapa angka cadangan devisa Indonesia per akhir Juni lalu, apakah naik atau kembali turun. "Kalau cadev (cadangan devisa) itu belum, kalau cadev itu tentu nanti pada saat sudah dipublikasikan akan kita jelaskan semuanya," ujar Agus.

Sebagaimana diketahui, cadangan devisa Indonesia per akhir Mei mengalami penurunan dari catatan April 2013. Menurut BI, cadangan devisa Indonesia turun sebesar AS$2,11 miliar dari semula pada April sebesar AS$107,26 miliar, menjadi AS$105,15 miliar pada akhir Mei 2013.

Sebelumnya, Direktur Grup Humas BI Peter Jacobs mengatakan bahwa BI tidak pernah menetapkan berapa batas angka psikologis cadangan devisa. Hal ini kontra produktif dengan komentar dari sejumlah kalangan bahwa batas cadangan devisa Indonesia sebesar AS$100 miliar. Selain itu, BI juga tak pernah menetapkan nilai tukar rupiah di level tertentu.

"Karena yang paling penting adalah stabilitas nilai tukar moneter dan makro ekonomi nasional," tutur Peter.

Ia menjelaskan, sejauh ini cadangan devisa yang ditempatkan di BI dinilai masih mencukupi. Bahkan, cadangan devisa tersebut ditengarai dapar mendukung stabilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). BI mengklaim, jumlah cadangan devisa yang ada di BI kini masih di atas kebutuhan standar internasional.

Tags: