Caketum PERADI ‘Kampanye’ via Facebook
Berita

Caketum PERADI ‘Kampanye’ via Facebook

Sebagian memanfaatkan Facebook pribadi, sebagian lagi membuat laman Facebook khusus yang digunakan untuk sosialisasi dan kampanye.

Oleh:
RZK
Bacaan 2 Menit
Laman Facebook beberapa kandidat Ketua Umum PERADI. Foto: Facebook (Edit: RES)
Laman Facebook beberapa kandidat Ketua Umum PERADI. Foto: Facebook (Edit: RES)
Perhelatan Musyawarah Nasional (Munas) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) tinggal sebulan lagi akan digelar. Jika tak ada aral melintang, ajang lima tahunan itu akan digelar di kota Makassar, 26-28 Maret 2015. Dari sejumlah agenda kegiatan yang akan dibahas di Munas, sulit dibantah, pemilihan ketua umum merupakan agenda yang paling dinanti.

Saat ini, sejumlah nama calon Ketua Umum PERADI 2015-2020 telah bermunculan. Mereka antara lain Jameslin James Purba, Luhut MP Pangaribuan, Humphrey Djemat, Juniver Girsang, dan Fauzie Yusuf Hasibuan. Dengan perangkat tim suksesnya masing-masing, para kandidat telah mulai berkampanye.

Metode kampanye yang ditempuh beragam. Salah satunya memanfaatkan media sosial. Berdasarkan pengamatan hukumonline, semua kandidat cukup aktif di laman jejaring pertemanan Facebook. Sebagian memanfaatkan Facebook pribadi, sebagian lagi membuat laman Facebook khusus yang digunakan untuk sosialisasi dan kampanye.

Luhut MP Pangaribuan, misalnya, membuat sebuah akun Facebook yang diberi nama Rumah Bersama Advokat Indonesia (RUMBAI). Dibuat 21 Januari 2015, Facebook RUMBAI berisi visi misi serta informasi dan foto kegiatan yang dijalani Luhut, baik itu yang berkaitan langsung dengan pencalonan dirinya sebagai Ketua Umum seperti pertemuan dengan advokat daerah maupun yang tidak berkaitan langsung seperti agenda Luhut tampi di acara diskusi televisi.

Yang menarik, pada laman Facebook RUMBAI muncul beberapa klaim dukungan untuk Luhut. Dipublikasikan pada 31 Januari 2015, terpampang foto Luhut duduk bersanding dengan Komisioner Komisi Yudisial Eman Suparman dalam sebuah acara seminar di Semarang, Jawa Tengah.

“Dr. Luhut MP Pangaribuan, SH; LLM mendapat dukungan dari Prof.Dr. H. Eman Suparman, SH; MH. Komisi Yudisial RI atas pencalonannya sebagai Kandidat Ketua Umum DPN PERADI periode 2015-2020 yg disampaikan pada saat acara seminar di Semarang sbg pembicara "Kontruksi Peninjauan Kembali Yang Berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (PK diatas PK) yang dihadiri para Advokat Peradi se Jawa Tengah,” demikian kalimat klaim dukungan sebagaimana disalin dari Facebook RUMBAI.

Tidak hanya klaim dukungan, Facebook RUMBAI juga menampilkan foto kebersamaan Luhut dengan Humphrey Djemat. Sebagaimana diketahui, Humphrey adalah calon Ketua Umum PERADI dari Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) yang pencalonannya secara resmi diputuskan melalui rapat kerja nasional AAI di Bandung, beberapa waktu lalu. Dipublikasikan 8 Februari 2015, Luhut mengungkapkan rencana dirinya berkolaborasi dengan Humphrey.

Seperti halnya Luhut, kandidat lainnya, Jamaslin James Purba juga membuat laman Facebook khusus yang diberi nama JP for PERADI-1. Isi yang terpampang pada laman Facebook khusus itu antara visi misi, foto kegiatan, berita terkait, serta pengumuman dan imbauan yang berkaitan dengan pencalonan James sebagai Ketua Umum PERADI.

Yang cukup intens ditampilkan pada JP for PERADI-1 adalah foto-foto kegiatan James bersama timnya mengunjungi beberapa daerah untuk meraih dukungan. Tampak beberapa foto James bersama pengurus beberapa Dewan Pimpinan Cabang PERADI seperti Bandung, Surabaya, dan Jakarta.

Salah satu foto unik yang terpampang adalah foto kebersamaan James dengan Luhut MP Pangaribuan yang sedang asyik berkaraoke di Bandung. “Duet maut kandidat Ketum, walau bersaing menuju Peradi 1, tetap kompak dan bersahabat.. kedewasaan berdemokrasi ala lawyers. Bravo Advokat Indonesia!” demikian keterangan yang tertera di bawah foto tersebut.

Walaupun tidak menyiapkan halaman khusus seperti Luhut dan James, kandidat Ketua Umum lainnya juga memanfaatkan Facebook. Juniver Girsang misalnya, di laman Facebook pribadinya menampilkan foto profil dirinya berpose dengan Harry Ponto, calom Wakil Ketua Umum yang menjadi pasangannya.

Facebook pribadi Harry Ponto lebih aktif lagi. Mantan Sekretaris Jenderal DPN PERADI 2005-2010 ini mempublikasikan sejumlah foto yang berkaitan dengan pencalonan dirinya bersama Juniver Girsang, artikel-artikel terkait, dan dokumen pernyataan komitmen jika mereka terpilih nanti.

Seperti halnya, laman Facebook kandidat lain, Harry juga menampilkan kebersamaan dengan calon kompetitor di Musyawarah Nasional PERADI di Makassar nanti. Dipublikasikan pada 13 Februari 2015, tampak sebuah foto dimana Harry, Juniver, dan James hadir dalam acara deklarasi Fauzie Hasibuan-Thomas Tampubolon di Gedung Joeang, Kamis (12/2).   

Kandidat berikutnya yang memanfaatkan Facebook adalah Fauzie Yusuf Hasibuan. Di laman Facebook pribadinya, Fauzie menampilkan foto sejumlah kegiatan terkait pencalonan dirinya bersama calon Sekretaris Jenderal Thomas Tampubolon. Foto kebersamaan dengan kandidat lain juga ditampilkan oleh Fauzie. Dipublikasikan 6 Februari 2015, tampak Fauzie bersama Luhut MP Pangaribuan dalam sebuah acara.  

Hingga berita ini ditayangkan, hukumonline belum berhasil menemukan laman Facebook terkait pencalonan Humphrey Djemat sebagai Ketua Umum PERADI ataupun laman Facebook pribadi sekalipun.
Tags:

Berita Terkait