Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
Terbaru

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Surat lamaran kerja merupakan hal yang penting bagi pelamar kerja. Agar tidak salah langkah, simak cara membuat surat lamaran kerja yang tepat berikut ini.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi cara membuat surat lamaran kerja. Sumber: pexels.com
Ilustrasi cara membuat surat lamaran kerja. Sumber: pexels.com

Mencari kerja tentu tidaklah mudah. Seorang pelamar kerja perlu mengalahkan puluhan, ratusan, hingga jutaan pelamar kerja lainnya untuk satu posisi yang tepat. Terkait hal ini, memiliki daftar riwayat hidup dan surat lamaran kerja merupakan modal awal yang diperlukan oleh setiap para pelamar kerja. Berikut cara membuat surat lamaran kerja yang tepat.

Ketahui Bahasa yang Harus Digunakan

Perlu diketahui bahwa surat lamaran kerja merupakan salah satu bentuk surat pribadi. Surat pribadi adalah jenis surat yang dibuat oleh perseorangan kepada orang lain atau kepada suatu organisasi. Oleh karena bentuknya adalah surat pribadi atau mewakili diri, surat jenis ini haruslah menggunakan kata ganti orang pertama atau “saya”.

Jika dijabarkan lebih lanjut, surat pribadi ini terbagi menjadi dua golongan, yakni surat pribadi bersifat privat dan surat pribadi bersifat resmi. Surat pribadi yang bersifat privat ditulis dengan gaya tidak terbatas dan bahasa yang bebas, contohnya adalah surat yang dituliskan untuk teman atau keluarga.

Kemudian, surat pribadi yang bersifat resmi haruslah dituliskan dengan bentuk resmi dan gaya bahasa yang baku. Contohnya adalah surat lamaran kerja, surat kuasa, dan surat pernyataan. Surat pribadi jenis ini haruslah ditulis dengan bentuk dan bahasa yang baku.

Pilih Jenis Surat Lamaran

Berdasarkan jenisnya, surat lamaran kerja dapat diklasifikasikan menjadi dua, yakni surat lamaran kerja yang diketik dan surat lamaran kerja ditulis tangan.

Cara membuat surat lamaran kerja ditulis tangan dengan yang diketik tidak jauh berbeda, sebab pada dasarnya isinya sama-sama bertujuan untuk melamar pekerjaan. Umumnya, saat ini sebagian besar pelamar kerja menggunakan surat lamaran kerja yang diketik, apalagi bila surat tersebut dikirim melalui email.

Lalu, kapan jenis surat lamaran kerja ditulis tangan digunakan? Surat ini umumnya digunakan saat melamar kerja secara langsung ke perusahaan yang dituju. Selain itu, ada beberapa instansi yang mengharuskan pelamar kerja menyalin format surat lamaran kerja dengan cara ditulis tangan. Berikut contohnya.

Tags:

Berita Terkait