Doktrin Tanggung Jawab Komando Berbeda Di Setiap Negara
Berita

Doktrin Tanggung Jawab Komando Berbeda Di Setiap Negara

Ada yang berpendapat komandan baru bisa dituntut bila prajurit sudah terlebih dahulu terbukti bersalah.

Oleh:
ALI
Bacaan 2 Menit
Doktrin Tanggung Jawab Komando Berbeda Di Setiap Negara
Hukumonline

Dosen Universitas Pertahanan, Natsri Anshari mengatakan doktrin tanggung jawab komando dalam hukum humaniter digunakan hampir semua negara di dunia, tetapi pelaksanaannya berbeda di masing-masing negara. Hal ini disampaikan Natsri dalam peluncuran buku “Refleksi dan Kompleksitas Hukum Humaniter” karya Guru Besar Hukum Humaniter mendiang Prof Haryomataram di Jakarta, Kamis (17/10).

Natsri menjelaskan konsep tanggung jawab komando –dimana komandan bisa dimintai tanggung jawab bila prajuritnya melakukan kesalahan- memang sudah dianggap sebagi doktrin internasional. “Tapi kalau diteliti, tak ada doktrin yang seragam,” ujarnya.

Lebih lanjut, Natsri merujuk kepada kasus dugaan pelanggaran HAM di Timor-Timur ketika sejumlah aktivis berteriak menuntut pertanggungjawaban komando. “Kalau bicara doktrin tanggung jawab komando sesuai dengan doktrin internasional, yang mana yang dipakai? Standar masyarakat internasional itu yang mana?” tuturnya.

Salah satu perbedaan pendapat yang muncul, lanjutnya, adalah ketika kapan seorang komandan dianggap melakukan tindakan. “Ada yang bilang sebelum dan sesudah kejahatan terjadi. Ada yang bilang tindakan itu hanya setelah kejahatan terjadi,” tuturnya.

Natsri mengatakan perdebatan seputar ‘tanggung jawab komando’ yang lain menyangkut definisi dan ruang lingkupnya. Ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa tanggung jawab komando itu adalah kegagalan bertindak yang dimintai pertanggungjawaban (failure to act), dan ada juga yang berpendapat hanya menyangkut sikap diam seorang komandan.

“UU No 26 Tahun 2000 (Pengadilan HAM,-red) itu bukan tentang failure to act, tapi karena komandannya tak mau bertindak,” jelasnya.

Pasal 42 ayat (1) UU itu berbunyi “Komandan militer atau seseorang yang secara efektif bertindak sebagai komandan militer dapat dipertanggungjawabkan terhadap tindak pidana yang berada di dalam yurisdiksi Pengadilan HAM, yang dilakukan oleh pasukan yang berada di bawah komando dan pengendaliannya yang efektif, atau di bawah kekuasaan dan pengendaliannya yang efektif dan tindak pidana tersebut merupakan akibat dari tidak dilakukannya pengendalian pasukan secara patut, yaitu:

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait