DPR dan Pemerintah Sepakat ONH 2013 Turun
Berita

DPR dan Pemerintah Sepakat ONH 2013 Turun

Lantaran adanya subsidi dan turunnya biaya penerbangan ke Arab Saudi.

RFQ
Bacaan 2 Menit
DPR dan Pemerintah Sepakat ONH 2013 Turun
Hukumonline

Ada kabar baik bagi masyarakat muslim Indonesia yang hendak melaksanakan ibadah haji ke kota Mekkah. DPR dan pemerintah sepakat adanya penurunan Biaya Penyelenggaraan Ibadah haji (BPIH) sebesar AS$90. Meski tidak terlalu signifikan, setidaknya penurunan tersebut akan mengurangi beban kocek jamaah haji.

Kesepakatan itu diambil dalam rapat kerja antara Kementerian Agama dengan Komisi VIII di Gedung DPR, Senin (1/4). Biaya yang harus dibebankan bagi calon jamaah haji 2013 sebesar AS$3.527 atau sekitar Rp33,86 juta. “Terjadi penurunan,” ujar Ketua Komisi VIII Ida Fauziyah usai menggelar rapat.

Ida mengatakan, penurunan ongkos biaya haji tidak berarti adanya pengurangan terhadap fasilitas dan kualitas pelayanan bagi calon jamaah haji. Menurutnya, pemerintah harus tetap memperhatikan kualitas pelayanan bagi calon jamaah haji. Terlebih, calon jamaah haji dari tahun ke tahun mengalami peningkatan tajam.

Menteri Agama Suryadharma Ali mengamini penurunan ongkos biaya haji. Menurutnya, penurunan sebesar AS$90 jika dikonversi ke nilai mata rupiah sebesar Rp864.000. Dia berpendapat, penurunan ongkos biaya haji adalah kabar menggembirakan bagi calon jamaah. Di tahun sebelumnya ongkos biaya haji sebesar AS$34.627 atau sekitar Rp34,72 juta.

Kesepakatan penurunan ongkos biaya haji, menurut Suryadharma, lantaran adanya peningkatan subsidi. Namun, ia menampik penambahan subsidi itu berasal dari anggaran pemerintah. Menurutnya, subsidi berasal dari angsuran awal calon jamaah yang disetorkan melalui rekening Kementerian Agama.

“Penurunan ini tejadi karena kenaikan subsidi, tapi bukan dari uang pemerintah,” ujarnya.

Lebih lanjut, ketua umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menegaskan biaya subsidi yang digelontorkan cukup besar, yakni Rp2,34 triliun. Nah, subsidi triliunan rupiah itulah yang kemudian berhasil menekan biaya sewa pemondokan yang harus dibayarkan jamaah haji. 

Ia menerangkan, biaya sewa pemondokan periode 2013 mulanya meningkat hingga 4.998 Real Saudi. Tetapi, dengan adanya subsidi itulah calon jamaah haji cukup membayar 2.994 Real Saudi. Penurunan ini disebabkan turunnya biaya penerbangan ke Arab Saudi.

Tags:

Berita Terkait