Dudhie Sebut 'PN' Perintahkan Ambil Traveller Cheque
Berita

Dudhie Sebut 'PN' Perintahkan Ambil Traveller Cheque

Nama-nama politisi kembali disebut oleh tersangka penerimaan TC. Ada yang berperan beri perintah dan distributor.

Inu
Bacaan 2 Menit
Dudhie beberkan nama politisi PDI-P lain yang terima cek. <br> Foto: Sgp
Dudhie beberkan nama politisi PDI-P lain yang terima cek. <br> Foto: Sgp

Politisi PDIP Dudhie Makmun Murod mengaku menjalankan perintah untuk mengambil sejumlah lembaran traveler cheque dan lalu membagikannya kepada anggota Komisi IX DPR-RI dari F-PDIP periode 1999-2004 di ruang pimpinan komisi berinisial EM. "Saya hanya menjalankan perintah," tandas Dudhie sewaktu akan ditahan di Rutan Cipinang, Kamis (11/2).

 

Tapi dia enggan menyebutkan siapa orang yang dimaksud memberikan perintah pada dirinya. Hal serupa dikatakan pengacara Dudhie, Amir Karyatin saat ditanya wartawan. "Perintah siapa, tanyakan saja pada KPK," ujar Karyatin.

 

Karyatin mengakui, selain Dudhie, Endin J Soefihara, Udju Djuhaeri, dan Hamka Yandhu yang dituduh menerima, masih banyak anggota komisi IX lain turut menerima. "Mereka yang masuk di Komisi IX." Dia juga menyebutkan inisial nama PN, anggota F-PDIP yang tidak terdaftar di Komisi IX turut menerima traveller cheque.

 

Karyatin menguraikan runut penerimaan traveller cheque oleh Dudhie. Setelah fit and proper test para kandidat deputi gubernur senior Bank Indonesia pada 2004, Dudhie menerima telepon dari PN.

 

Oleh PN, Dudhie diperintahkan datang ke Restoran Bebek Bali, Senayan, Jakarta Selatan menemui seseorang. Saat bertemu, Dudhie disuruh membawa beberapa amplop berisi traveller cheque untuk dibagi-bagikan pada anggota F-PDIP Komisi IX sesuai komposisi masing-masing.

 

Ciri-ciri orang yang ditemui Dudhie, menurut Amir adalah seorang pria. "Dan, Dudhie tak kenal orang itu," imbuhnya. Selanjutnya, papar Karyatin, sejumlah amplop itu dibawa ke ruang pimpinan komisi dari partai sama. "Inisial pimpinan itu EM, dan bertubuh lebih besar dari saya," kata Karyatin yang memiliki tubuh gemuk itu.

Tags:

Berita Terkait