Duopoli dalam Industri Penerbangan
Kolom

Duopoli dalam Industri Penerbangan

​​​​​​​Pengertian duopoli dapat dilihat dari sudut hukum dan ekonomi.

Bacaan 2 Menit
Chandra Yusuf. Foto: Istimewa
Chandra Yusuf. Foto: Istimewa

Masyarakat Indonesia mengalami kesulitan melakukan perjalanan domestik karena harga tiket pesawat yang mahal. Banyak penerbangan dibatalkan karena penumpang yang sedikit sehingga transaksinya menjadi tidak ekonomis. Dalam hal ini, masyarakat tidak memiliki opsi harga tiket murah yang ditawarkan maskapai penerbangan lain. Di Indonesia, Garuda Indonesia dan Lion Air mendominasi penerbangan domestik.

 

Kelangkaan penawaran penerbangan domestik membuat dua maskapai tersebut dapat menentukan harga tiket. Penentuan harga tiket yang mahal dengan risiko kehilangan penumpang tidak menjadi permasalahan kedua maskapai tersebut. Nampaknya, kedua maskapai tersebut telah mengubah strategi dalam mengatasi kesulitan keuangannya dengan menaikkan harga tiket. Apakah penerbangan domestik yang dikuasai oleh dua maskapai penerbangan ini dapat disebut dengan duopoli?

 

Sesuai dengan mekanisme pasar supply and demand, persediaan penerbangan dalam jumlah yang banyak akan menciptakan oversupply. Keadaan ini akan menurunkan harga tiket pesawat karena persaingan usaha. Terkait dengan tingginya harga tiket pesawat penerbangan dalam negeri, Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, menyatakan: "Kenaikan harga tiket penerbangan domestik tidak akan terjadi setajam itu, jika struktur pasarnya tidak dalam kondisi duopoli." (Antara, 6/6/2019)

 

Apabila pernyataan tersebut adalah kesimpulan dari suatu penelitian yang dibuat secara akurat, maka pemerintah sewajarnya dapat mengusulkan untuk membuka industri penerbangan domestik bagi maskapai asing. Tentunya kebijakan yang diambil pemerintah dalam penerbangan domestik harus melihat kepentingan maskapai nasional. Namun benarkah kenaikan harga tiket pesawat diakibatkan duopoli?

 

Duopoli dalam Industri Penerbangan

Pengertian duopoly dapat dibagi menjadi dua berdasarkan collindictionary,com, yakni  “If two companies or people have a duopoly on something such as an industry, they share complete control over it and it is impossible for others to become involved in it.” dan A duopoly is a group of two companies which are the only ones which provide a particular product or service, and which therefore have complete control over an industry.” Duopoli yang dimaksud dalam industri penerbangan adalah dua maskapai penerbangan yang menguasai pangsa pasar domestik.

 

Adapun persaingan usaha dapat dilihat dari prinsip rasional bagi regulasi dari struktur pasar adalah terlalu sedikit kompetitor yang mengakibatkan pengurangan kemakmuran konsumen (Erwin A. Blackstone, Larry F. Darby, and Joseph P. Fuhr, Jr., 2011-2012). Darmin mengatakan, adanya struktur pasar penerbangan domestik yang membuat naiknya harga tiket tinggi sekali. Adapun struktur pasar duopoli dalam maskapai domestik yang dimaksud adalah sedikitnya kompetitor.

 

Di Indonesia, maskapai penerbangan terdiri dari Garuda Indonesia dan Lion Air. Kedua maskapai penerbangan tersebut dianggap melakukan koalisi kerja atau duopoli. Kelangkaan penerbangan yang demikian dapat menimbulkan kenaikan harga tiket tanpa melalui mekanisme pasar. Hal tersebut membuat maskapai penerbangan dapat menentukan harga tiket pesawat yang mahal. Penentuan harga tiket tanpa persaingan usaha dari maskapai penerbangan lain termasuk persaingan tidak sehat. Struktur pasar akan menunjukkan pasar yang tidak efisien atau efisien.

Tags:

Berita Terkait