FH Unisba Tekankan Pentingnya Peran Kampus Optimalkan Bakat Mahasiswa
Law School Stories

FH Unisba Tekankan Pentingnya Peran Kampus Optimalkan Bakat Mahasiswa

Semua yang dilakukan pihak kampus dalam upaya menunjang mahasiswa mengejar minat dan bakatnya selaras dengan slogan 3M (Mujahid, Mujtahid, Mujaddid) yang digaungkan FH Unisba.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
FH Unisba Tekankan Pentingnya Peran Kampus Optimalkan Bakat Mahasiswa
Hukumonline

Dr. Efik Yusdiansyah merupakan Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Bandung (FH Unisba). Efik memperoleh gelar Sarjana Hukum-nya di Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH Unpar), dan menuntaskan pendidikan S-2 dan S-3 Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH Unpad). Saat ini Efik mengampu mata kuliah Hukum Tata Negara (HTN), Hukum Administrasi Negara (HAN), dan Teori Perundang-undangan.

Belum lama ini, Hukumonline mendapat kesempatan mewawancarai Efik Yusdiansyah secara langsung perihal peran kampus dalam menentukan/mengarahkan pilihan karier mahasiswanya saat di bangku perkuliahan. Sekaligus penjelasan makna di balik slogan 3M sebagai “Mujahid, Mujtahid, Mujaddid” dalam Pendidikan Tinggi Hukum di FH Unisba.

“Pertama tentu sebagaimana peran kita sebagai pendidik, kita harus mengarahkan mahasiswa kita sesuai dengan minat dan bakat. Tapi kadang mahasiswa itu sendiri tidak menyadari apa yang menjadi bakat dan minatnya. Karena itu, pertama kita berikan pemahaman kepada mereka,” ungkap Efik di ruang kerjanya ketika dijumpai Tim Hukumonline, Senin (17/7/2023)

Menurutnya, penting bagi mahasiswa terlebih dahulu mengenali minat dan bakat yang dimilikinya. “Untuk mengetahui itu, kita ada kegiatan kemahasiswaan yaitu bimbingan karier. Ini bekerja sama dengan Bagian Kemahasiswaan Unisba. Di situ ada yang bertindak sebagai psikolog, kita akan mengetahui lebih dulu apa yang menjadi bakat dan minat dari masing-masing mahasiswa,” kata dia.

Setelah mengeksplorasi minat dan bakat mahasiswa, pihak kampus akan berupaya mengakomodir dengan berbagai fasilitas dan kegiatan. Sebut saja contohnya mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat di bidang litigasi, pihak Fakultas Hukum menyediakan berbagai fasilitas penunjang berupa peradilan semu yang dilaksanakan di kuliah keterampilan dan kemahiran hukum. Tak hanya itu, disediakan wadah bagi mahasiswa untuk dapat lebih mengarahkan minatnya.

“Sedangkan untuk mahasiswa lain, misal dia lebih cenderung minatnya ke legal drafting, itu kita adakan pembelajaran dan di luar pembelajaran untuk mengarahkan minat mereka. Bahkan yang berminat di luar itu pun, misal terkait entrepreneur, kita arahkan juga. Makanya alhamdulilah mahasiswa kita kemarin ada yang mendapatkan hibah dari dikti terkait pengembangan usaha.”

Hal tersebut potret yang memperlihatkan bagaimana peranan FH Unisba yang membuka ruang sebesar-besarnya bagi para mahasiswa untuk berkarier sesuai minat dan bakat yang dimiliki masing-masing. Semua yang dilakukan pihak kampus dalam upaya menunjang mahasiswa mengejar minat dan bakat selaras dengan slogan 3M (Mujahid, Mujtahid, Mujaddid) yang digaungkan UNISBA.

Tags:

Berita Terkait