Harapan Sejumlah Organisasi Advokat di HUT MA ke-78
Utama

Harapan Sejumlah Organisasi Advokat di HUT MA ke-78

Seiring bertambahnya usia, Mahkamah Agung RI sebagai lokomotif terwujudnya rasa keadilan publik diharapkan untuk terus menjaga kualitas putusan dan efisiennya sistem administrasi perkara.

Ferinda K Fachri
Bacaan 4 Menit
Gedung MA Jakarta. Foto: ASH
Gedung MA Jakarta. Foto: ASH

Pada Sabtu 19 Agustus 2023 kemarin, Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia genap menginjak usia ke-78 tahun. Dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-78 itu, MA telah menggelar upacara bendera yang dipimpin secara langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. H.M. Syarifuddin sebagai inspektur upacara.

Tema yang diangkat dalam perayaan HUT MA ke-78 ialah “Tingkatkan Integritas Menuju Peradilan yang Agung”. Mengingat integritas menjadi tolak ukur utama dalam mewujudkan badan peradilan yang agung. Seiring bertambahnya usia badan peradilan tertinggi di Indonesia ini, ada sejumlah pesan dan harapan dari sejumlah Organisasi Advokat.

“Mahkamah Agung (MA) harus berupaya sekuatnya menjadi lokomotif terwujudnya rasa keadilan publik melalui putusan-putusannya yang berkualitas dan berdimensi hukum sebagaimana mestinya,” ujar Ketua Harian Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi Soho) R. Dwiyanto Prihartono saat dihubungi Hukumonline, Selasa (22/8/2023).

Baca Juga:

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia - Rumah Bersama Advokat (DPN Peradi RBA) Luhut MP Pangaribuan turut menyampaikan ucapan selamat kepada MA yang sudah menginjak usia ke-78 tahun. Sebagai pengemban Kekuasaan Kehakiman, MA diharapkan dapat terus menjunjung tinggi kebenaran dan keadilan berdasarkan Pancasila secara konsisten baik dalam putusannya, penanganan perkara, ataupun penegakan aturan.

“Karena MA adalah sumber pengayoman untuk setiap warga negara Indonesia. Advokat yang fungsinya berkaitan dengan Kekuasaan Kehakiman berharap MA juga memberi perhatian dan tidak membiarkan. Berilah juga nasihat sebagaimana seharusnya menurut UU Kekuasaan Kehakiman. Dirgahayu MA!” ungkap Luhut MP Pangaribuan.

Terpisah, Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia - Suara Advokat Indonesia (DPN Peradi SAI) Patra M Zen menyoroti peluncurkan ke-5 aplikasi terbaru MA yang dilakukan dalam euforia peringatan bertambahnya usia institusi peradilan di Indonesia itu.

Tags:

Berita Terkait