IKAHI Bakal Gelar Munas ke-20, Ini Agendanya!
Terbaru

IKAHI Bakal Gelar Munas ke-20, Ini Agendanya!

Bakal dihadiri 30 pengurus daerah seluruh Indonesia dan satu pengurus cabang khusus Mahkamah Agung. Agenda utamanya memilih dan menetapkan kepengurusan PP IKAHI periode 2022-2025.

Oleh:
Rofiq Hidayat
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) bakal menggelar hajatan besar berupa Musyawarah Nasional (Munas) ke-20. Agenda utama Munas IKAHI ke-20 ini memilih dan menetapkan kepengurusan IKAHI untuk periode 2022-2025. Rencananya, Munas IKAHI tersebut bakal digelar di Kota Kembang, Bandung pada 15 sampai dengan 17 November 2022 mendatang di Hotel Intercontinental Dago, Bandung.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Hukumonline, Senin (7/11/2022), Anggota Komisi IV, Bidang Kehumasan, Advokasi, dan Pengabdian Masyarakat IKAHI, Djuyamto mengatakan Munas IKAHI ke-20 ini selain ajang silaturahim bagi para hakim, agenda utamanya menentukan sosok pimpinan IKAHI di kepengurusan tiga tahun ke depan.  

Dia menerangkan Munas IKAHI ke-20 bakal diikuti 30 pengurus daerah seluruh Indonesia dan satu pengurus cabang khusus Mahkamah Agung. Rencananya, Munas IKAHI bakal dibuka langsung oleh Ketua MA Prof Syarifuddin sekaligus tercatat sebagai pelindung pengurus pusat IKAHI.

Djuyamto yang tercatat sebagai hakim dan Humas pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan itu membeberkan agenda Munas-Ke-20 di Bandung nantinya. Pertama, laporan pertanggungjawaban Pengurus Pusat IKAHI periode 2019-2022. Kedua, penyempurnaan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) IKAHI yang bakal dibahas dalam Komisi A.

Ketiga, penyusunan program kerja kepengurusan masa bakti 2022-2025 bakal dibahas oleh Komisi. Keempat, pemilihan Pengurus Pusat IKAHI 2022–2025. Harapannya, proses Munas hingga pemilihan pengurus pusat periode tiga tahun ke depan dapat berjalan lancar tanpa ada kendala apapun.

Menariknya, kata Djuyamto, saat pembukaan Munas IKAHI ke-20 bakal diumumkan pula pemenang lomba desain batik IKAHI Tahun 2022. Hasil desain pemenang, nantinya bakal dijadikan batik resmi IKAHI. Sebelumnya, IKAHI telah menunjuk tim juri yang terdiri dari 2 orang internal IKAHI yakni Sekretaris Umum Pengurus Pusat IKAHI Ridwan Mansyur, Ketua Komisi III Andriani Nurdin, dan kalangan profesional Wulan Utoyo, serta founder dan desainer Batik Bulan sebagai tim juri.

Anggota Sekretaris II pada Sekretariatan Pengurus Pusat IKAHI, Teguh Satya Bhakti mengatakan Munas IKAHI ke-20 mengangkat tema “Gelorakan Semangat Untuk Bangkit Bersama, Tegakkan Keadilan”. Menurutnya, sejumlah persiapan Munas mulai dilaksanakan sejak rapat perdana panitia pada 26 Agustus 2022 lalu yang dipimpin langsung Ketua Munas Yodi Martono Wahyunadi.

Teguh Satya yang juga salah satu panita pelaksana menuturkan, pada 2 November lalu telah digelar rapat pleno panitia Munas ke-20 yang dihadiri sejumlah pimpinan Pengurus Pusat IKAHI. Mulai Ketua Umum, para Ketua PP IKAHI, Ketua Steering Committee (SC), Ketua Organizing Committee (OC), Panitia Pusat Munas, serta Panitia Daerah Munas IKAHI (Jawa Barat).

Sejumlah persiapan terus disosialisasikan termasuk pakaian wajib yang bakal dikenakan bagi para pepserta dalam acara Munas ke-20 nantinya. Pakaian yang bakal dikenakan dalam acara pembukaan dan penutupan Munas IKAHI ke-20 yakni pakaian sipil lengkap. Sementara untuk agenda lainnya menggunakan batik bagi pria, sementara bagi perempuan menyesuaikan.

Seperti diketahui, IKAHI merupakan organisasi profesi para hakim dari empat lingkungan peradilan. Yakni, peradilan lingkungan peradilan umum, peradilan agama, peradilan tata usaha Negara (TUN), dan peradilan militer. Kepengurusan IKAHI periode 2019-2022 di bawah kepemimpinan Hakim Agung Suhadi akan segera berakhir.

Tags:

Berita Terkait