Ini Rekaman Putusan Praperadilan Budi Gunawan
Aktual

Ini Rekaman Putusan Praperadilan Budi Gunawan

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Ini Rekaman Putusan Praperadilan Budi Gunawan
Hukumonline

Senin kemarin (16/2), Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjadi pusat sorotan publik. Setelah menggelar sidang selama sepekan, Hakim Sarpin Rizaldi akhirnya membacakan putusan atas permohonan praperadilan yang diajukan Komjen Pol Budi Gunawan. Praperadilan diajukan Budi karena dia keberatan atas penetapan tersangka yang dilakukan KPK sehari menjelang proses uji kelayakan sebagai calon Kapolri.

Dalam putusannya, Sarpin Rizaldi menyatakan mengabulkan sebagian permohonan praperadilan Budi Gunawan. Dalam pertimbangannya, Sarpin menafsirkan penetapan tersangka sebagai salah satu upaya paksa yang masuk dalam lingkup praperadilan.

Sarpin beralasan karena undang-undang tidak mengatur secara jelas apa yang dimaksud upaya paksa, maka hakim berhak menafsirkan apa saja yang dikategorikan sebagai upaya paksa. Ia menilai penetapan tersangka merupakan salah satu upaya paksa karena tindakan itu dilakukan dalam ranah pro justisia.

Untuk mengetahui lebih lengkap putusan praperadilan tersebut, silakan simak rekaman putusan pada tautan laman Youtube berikut ini:

Tags: