Jalan Terjal Mereformasi Polri
Terbaru

Jalan Terjal Mereformasi Polri

Karena masih terdapat pejabat kepolisian yang ‘bernostalgia’ dengan kultur yang tak lagi dapat dipertahankan di era keterbukaan informasi dan digitalisasi.

Oleh:
Rofiq Hidayat
Bacaan 3 Menit
Suasana serah terima jabatan di kepolisian. Foto Ilustrasi: RES
Suasana serah terima jabatan di kepolisian. Foto Ilustrasi: RES

‘Tak semudah membalikan telapak tangan’. Peribahasa itu sepertinya sejalan dengan perubahan yang terus didorong banyak kalangan terhadap institusi kepolisian. Ya, sulit memang, tapi membutuhkan komitmen yang kuat dari sosok pemimpin dalam mengubah budaya kerja di institusi kepolisian. Di tengah kondisi Polri yang sedang mendapat ujian akibat sejumlah personilnya tersandung tindak pidana mengharuskan proses hukum berlaku sama di depan hukum.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Pangeran Khairul Saleh berpandangan reformasi di tubuh Polri sudah menjadi keharusan. Berbagai persoalan yang mendera internal Polr harusi dijadikan momentum mereformasi budaya kerja. Termasuk melakukan pembenahan internal dengan melakukan ‘bersih-bersih’ terhadap personil ‘nakal’ yang malah mencoreng wajah kepolisian di tengah masyarakat.

Baginya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit tak boleh sedikitpun gentar mengganjar hukuman terhadap jajarannya yang kedapatan melakukan pelanggaran etik dan hukum. Sebab, upaya ‘bersih-bersih’ dengan ‘tangan besi’ terhadap personilnya yang ‘nakal’ menjadi bagian upaya memperbaiki citra kepolisian.

“Tidak boleh terlambat untuk melakukan reformasi dan pembenahan internal Polri untuk menaikkan kembali citra Kepolisian RI di mata rakyat,” ujarnya melalui keterangannya, Kamis (20/10/2022).

Baca Juga:

Langkah Presiden Joko Widodo yang mengumpulkan perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) Polri di Istana Merdeka pekan lalu memiliki pesan tersendiri. Sebab, persoalan yang bertubi-tubi menjadi ujian berat Polri di bawah pimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Seperti kasus  pembuhan terhadap Brigadi Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J  dengan terdakwa Irjen Ferdy Sambo dan anak buahnya. Begitu pula perkara merintangi penyidikan dalam kasus pembunuhan Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo, Brigjen Hendra Kurniawan dan kawan-kawan; tragedi Stadion Kanjuruhan; mafia judi daring; dan kasus narkoba yang diduga melibatkan Irjen Teddy Minahasa beserta personil kepolisian lainnya.

Tags:

Berita Terkait