Kasus Pegi Setiawan, Pelajaran agar Polisi Tak Serampangan Main Tangkap
Terbaru

Kasus Pegi Setiawan, Pelajaran agar Polisi Tak Serampangan Main Tangkap

Polri harus melakukan evaluasi terhadap standar operasional prosedur agar dapat mencegah terjadinya tindakan salah tangkap di masa mendatang.

Rofiq Hidayat
Bacaan 4 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Dikabulkannya upaya hukum praperadilan Pegi Setiawan dalam menguji sah tidaknya penetapan tersangka yang dilakukan pihak penyidik Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menjadi pelajaran bagi korps bhayangkara. Setidaknya hikmah yang diambil agar para aparat kepolisian tidak serampangan dalam melakukan tindakan penangkapan terhadap orang maupun masyarakat dalam penanganan sebuah perkara tindak pidana.

Polri dalam menetapkan orang sebagai tersangka harus berdasarkan bukti yang cukup. Jangan karena dorongan dari masyarakat lalu asal main tangkap. Jangan lagi rakyat jadi kambing hitam polisi,” ujar anggota Komisi III DPR, Gilang Dhielafararez sebagaimana dikutip dari laman Antara, Rabu (10/7/2024).

Dia menilai kasus yang dialami Pegi sejatinya kesalahan amat besar dalam penegakan hukum yang dilakukan aparat penyidik kepolisian. Malahan dapat merusak kehidupan seseorang di masa mendatang. Pegi sebelumnya dicokok aparat kepolisian hingga berujung ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky Cirebon.

Karena itulah politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu berharap betul agar Polri sebagai institusi penegak hukum dalam menjalankan tugas dan kewenangannya dapat dilakukan secara benar dan adil sebagaimana yang diatur dalam hukum acara pidana.

Baca juga:

Putusan praperadilan oleh hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Eman Sulaiman menunjukan penyidik dalam menangani perkara tersebut telah melanggar prosedur dalam hukum acara pidana. Dia menilai Polri telah mencederai amanah dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam kasus Pegi tersebut.

“Kami harap kedepannya kepolisian dapat berhati-hati dalam melakukan penyidikan dan penangkapan,” katanya.

Tags:

Berita Terkait