Ketahui Penyebab dan Dampak Kenaikan Harga Pangan 2022
Terbaru

Ketahui Penyebab dan Dampak Kenaikan Harga Pangan 2022

Dalam menjaga stabilitas harga pangan, saat ini pemerintah tengah memasukkan ketahanan pangan dalam Agenda Pembangunan Nasional Tahun 2022-2024.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi kenaikan harga dan langkanya minyak goreng. Foto: RES
Ilustrasi kenaikan harga dan langkanya minyak goreng. Foto: RES

Komoditas harga pangan terancam merangkak naik imbas dari kenaikan BBM dan tarif e-tol beberapa waktu lalu. Kenaikan harga pangan akan mendorong inflasi dan mengurangi daya beli masyarakat, daya beli yang menurun akan mengurangi kegiatan belanja masyarakat.

Dari segi produsen, produsen akan dirugikan jika terjadi kenaikan harga. Kenaikan harga akan mempengaruhi pendapatan produsen dan akan berimbas pada kesejahteraan produsen, karena konsumen merupakan kunci dari bertahan dan berkembangnya suatu bisnis bahan pangan.

Banyak faktor penyebab terjadinya kenaikan harga pangan, di antaranya perubahan iklim, belum memadainya infrastruktur pendukung pertanian, masih kurangnya pemanfaatan teknologi, lahan yang berkurang, kurangnya jumlah petani, hingga rendahnya produktivitas pertanian.

Tidak hanya petani, industri pengolahan bahan pangan pun mengalami tantangan tersendiri, seperti tambahan ongkos dan keterbatasan impor bahan baku.

Perkembangan sektor pertanian yang diikuti oleh kebijakan perdagangan pangan yang berorientasi pada kepentingan konsumen melalui penyederhanaan regulasi impor sehingga akses masyarakat dalam mendapatkan pangan dapat terjangkau.

Baca juga:

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan hadir untuk melindungi produsen maupun para petani dan konsumen agar terciptanya kesejahteraan. Oleh sebab itu, peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam melakukan kebijakan ini.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait