Korupsi Ancaman Nyata Kedaulatan Negara
Terbaru

Korupsi Ancaman Nyata Kedaulatan Negara

Tidak sedikit contoh negara yang hancur dan jatuh miskin setelah korupsi menggurita.

Oleh:
Mochamad Januar Rizki
Bacaan 3 Menit
Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: RES
Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: RES

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan korupsi merupakan ancaman nyata kedaulatan negara pada suatu bangsa. Korupsi juga merupakan kejahatan kemanusiaan yang berdampak pada kehancuran suatu negara.

"Melihat betapa destruktif-nya korupsi terhadap suatu negara, dapat kita simpulkan bahwasanya korupsi adalah ancaman nyata kedaulatan negara suatu bangsa," kata Firli dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (2/3) dalam rangka memperingati Hari Penegakan Kedaulatan Negara yang jatuh pada 1 Maret.

Ia mengatakan korupsi juga merupakan kejahatan kemanusiaan nyata yang dampaknya dapat menghancurkan tujuan bernegara suatu bangsa.

"Bukan hanya sendi perekonomian semata, jika dibiarkan berurat akar di seluruh lini dan sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, tujuan dan masa depan negara tersebut akan luluh lantak oleh korupsi," ujar Firli.

Menurut dia, tidak sedikit contoh negara yang hancur dan jatuh miskin setelah korupsi menggurita, sehingga tidak dapat memenuhi kewajiban melindungi, menghidupi apalagi memakmurkan rakyatnya.

"Karena korupsi telah merusak seluruh tatanan kehidupan di negara tersebut," ucapnya. (Baca: 3 Alasan Pemerintah Tetapkan 1 Maret Sebagai Hari Penegakan Kedaulatan)

KPK, lanjut Firli, memandang langkah Presiden Joko Widodo menetapkan 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara sangat tepat, mengingat penegakan kedaulatan negara adalah hal utama yang sifatnya fundamental untuk senantiasa ditanam, dirawat, dan dijaga oleh seluruh elemen bangsa dan negara.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait