Macetnya Jalan Menuju Jakarta di Hari Ketiga PPKM Darurat
Foto Essay

Macetnya Jalan Menuju Jakarta di Hari Ketiga PPKM Darurat

Masyarakat masih abai dengan anjuran kebijakan PPKM Darurat yang diterbitkan pemerintah.

Resa Esnir
Bacaan 2 Menit
Foto: RES
Foto: RES

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat memasuki hari ketiga, Senin (5/7). Pada hari ini, sejumlah ruas jalan menuju Ibukota Jakarta terpantau macet.

Hukumonline.com

Kemacetan tersebut terjadi sejak pagi hari di Jalan Raya Kali Malang, jakarta Timur dan Jalan Daan Mogot Km.17 dan di depan Daan Mogot City Apartemen.

Hukumonline.com

Kemacetan disebabkan karena ada penyekatan dan imbauan putar balik kendaraan. Keadaan ini berbanding terbalik pada saat hari pertama PPKM Darurat berlaku Sabtu 3 Juli 2021 lalu.

Hukumonline.com

Pemandangan serupa juga bisa dijumpai di jalan raya Pasar Minggu dan jalan raya Margonda Depok pada pagi hari.

Hukumonline.com

Tentu kemacetan ini membuat jalanan tumpah ruah dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, kepatuhan masyarakat terhadap kebijakan PPKM Darurat perlu ditingkatkan.

Hukumonline.com

Ia melihat, apparat masih menemukan warga yang abai terhadap anjuran di rumah saja. "Hari Senin ini adalah hari ketiga sekaligus hari pertama PPKM Darurat pada masa weekday di mana orang kerja dan ribuan org dari luar Jakarta masih berusaha masuk ke Jakarta, padahal mungkin dia bukan pada sektor esensial dan sektor kritikal," katanya.

Hukumonline.com

Menurut Sambodo, petugas di lapangan melakukan seleksi pengendara di titik penyekatan. Akibatnya, berdampak pada kemacetan jalan.

Tags: