OJK-DJP Wacanakan Industri Modal Ventura Terbebas Pajak
Utama

OJK-DJP Wacanakan Industri Modal Ventura Terbebas Pajak

Kajian antara OJK dan DJP masih berjalan, targetnya akan rampung dan bisa di-launch pada awal tahun 2016.

CR19
Bacaan 2 Menit
Deputi Komisioner Pengawas IKNB II OJK, Dumoly F Pardede (paling kiri). Foto: CR19.
Deputi Komisioner Pengawas IKNB II OJK, Dumoly F Pardede (paling kiri). Foto: CR19.

[Versi Bahasa Inggris]

Wacana revitalisasi peran dan kapasitas industri modal ventura yang diusulkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih dalam proses pembahasan. Wacana itu digaungkan OJK sejak beberapa waktu lalu. Deputi Komisioner Pengawas IKNB II OJK, Dumoly F Pardede mengatakan, kalau saat ini OJK masih melakukan kajian mendalam terkait dengan penyusunan format yang sesuai untuk industri modal ventura itu.

“Model yang akan kita miliki kelak akan berubah, signifikan dengan konsep modal ventura yang kita miliki sebelumnya,” kata Dumoly di Jakarta, Kamis (17/9).

Dumoly mengatakan, kalau OJK masih perlu waktu untuk melakukan pembahasan. Sebab, katanya, pembahasan industri modal ventura ini tidak hanya melibatkan internal OJK semata, melainkan bersama Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan. Pembahasan ini bertujuan untuk memperoleh ide atau gagasan yang baik dalam rangka pengembangan industri modal ventura di Indonesia.

Ia berharap, nantinya dalam proses pembahasan dengan DJP, akan disepakati suatu kesepakatan yang berdampak kepada pengembangan industri modal ventura. Menurutnya, pengembangan dan perluasan industri modal ventura penting untuk mendukung fiskal. Salah satu wacana yang mengemuka dalam kajian adalah industri modal ventura ini bisa berjalan dengan bebas pajak atau tax free.

“Tapi kami butuh waktu untuk bekerja sama dan bertukar pikiran dengan teman dari perpajakan. Sehingga kami nanti mendapatkan sesuatu yang baik tentang pengembangan modal ventura di Indonesia. Karena bebas tax itu sangat penting,” tutur Dumoly.

Selain masih perlu melakukan pendalaman, Dumoly mengatakan, ide revitalisasi ini juga masih menunggu persetujuan para dewan komisioner OJK. Ia berharap paling cepat, OJK sudah bisa me-launching industri modal ventura baru di Indonesia di awal tahun 2016 nanti. “Butuh waktu sedikit lagi dengan teman-teman pajak lalu kami minta kepada DK (Dewan Komisioner) OJK untuk minta persetujuan. Kita harap awal tahun 2016 bisa kita launching modal ventura baru di Indonesia,” sebutnya.

Dumoly menambahkan, industri modal ventura juga sangat membantu perkembangan wirausaha di Indonesia baik bagi perusahaan start up maupun UMKM yang berbasis inovasi dan teknologi baru. Atas dasar itu, perlu dukungan dari semua pihak, termasuk pemerintah untuk perkembangan industri modal ventura ini.

Tags:

Berita Terkait