Utama

Para Terpidana Telah Dieksekusi Mati

Jelang prosesi eksekusi, kondisi cuaca di Nusakambangan cukup merepotkan. Hujan deras serta angin kencang sempat turun dan dikabarkan sempat menunda proses eksekusi.

Oleh:
ANT | Sandy Indra Pratama
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi eksekusi mati. FOTO: BAS
Ilustrasi eksekusi mati. FOTO: BAS
Pelaksanaan eksekusi terhadap para terpidana mati yang kesemuanya terbelit perkara narkotik sudah dilaksanakan. Prosesi eksekusi, menurut pemberitaan kantor berita Antara, digelar sekitar pukul 00.45 WIB di Lapangan Tembak Tunggal Panaluan, Nusakambangan, Jawa Tengah, Jumat (29/7).
Jelang prosesi eksekusi, kondisi cuaca di Nusakambangan cukup merepotkan. Hujan deras serta angin kencang sempat turun dan dikabarkan sempat menunda proses eksekusi.
"Tadi pukul 00.45 WIB," kata seorang sumber dari kantor berita Antara tanpa menyebutkan jumlah terpidana mati yang dieksekusi. Namun yang jelas berdasarkan informasi yang beredar di banyak media, tak semua terpidana dieksekusi mati.
Akan tetapi hingga pukul 01.10 WIB, belum ada informasi resmi apakah eksekusi hukuman mati itu telah dilaksanakan atau belum dan apakah eksekusi tersebut dilaksanakan terhadap seluruh terpidana yang masuk dalam daftar eksekusi "Jilid III" ataukah terjadi pengurangan seperti saat eksekusi "Jilid II".
Sebelumnya, Jaksa Agung H.M. Prasetyo menyebutkan ada 14 terpidana mati kasus narkoba yang akan menjalani eksekusi "Jilid III".
Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara, 14 terpidana mati kasus narkoba yang masuk dalam daftar eksekusi "Jilid III" terdiri atas Freddy Budiman (warga negara Indonesia), Merri Utami (Indonesia), Zulfiqar Ali (Pakistan), Gurdip Singh (India), Onkonkwo Nonso Kingsley (Nigeria), Obina Nwajagu (Nigeria), Michael Titus Igweh (Nigeria), Ozias Sibanda (Zimbabwe), Federik Luttar (Zimbabwe), Humprey Ejike (Nih, Eugene Ape (Nigeria), Gajetan Acena Seck Osmane (Nigeria), Pujo Lestari (Indonesia), dan Agus Hadi (Indonesia).
Sebagai wakil dari eksekutor, Jaksa Agung Muda Pidana Umum Noor Rachmat nampak turut hadir dalam eksekusi mati. Noor Rachmat datang bersama rombongan tiba di dermaga Wijaya Pura, Cilacap pada Kamis malam sekitar pukul 22.45 WIB. 
Tags:

Berita Terkait