Pelaku Penembakan Polisi Bukan Hanya Kelompok Teroris
Berita

Pelaku Penembakan Polisi Bukan Hanya Kelompok Teroris

Bisa sesama anggota polisi atau jaringan pengedar narkoba.

RED/ANT
Bacaan 2 Menit
Pelaku Penembakan Polisi Bukan Hanya Kelompok Teroris
Hukumonline

Koordinator Indonesian Crime Analyst Forum Mustofa B. Nahrawardaya, mengatakan ada beberapa kelompok yang bisa menjadi kambing hitam dari penembakan terhadap anggota polisi yang kerap terjadi beberapa waktu belakangan ini.

"Teroris adalah kelompok yang kemungkinan besar berada di balik insiden penembakan tersebut," kata Mustofa di Jakarta, Rabu (11/9).

Dia mengatakan sangat mungkin teroris melakukan balas dendam dengan sasaran acak termasuk yang terkait pelaksanaan Miss World di Bali.

"Serangan bisa dilakukan dimana pun, kapan pun tanpa memandang waktu dan tempat. Ini mengerikan apalagi kita masih berduka karena banyaknya aparat Polri yang tewas meregang nyawa di tangan kelompok bersenjata," kata Mustofa.

Menurut dia, lebih 100 terduga teroris sudah dihabisi kepolisian.

Mustofa memberikan pandangannya beberapa saat setelah Bripka Sukardi ditembak tiga kali hingga tewas oleh pelaku tak dikenal yang mengendarai sepeda motor.

Lebih jauh dia mengatakan kelompok lain yang berada di belakang penembakan itu bisa berasal dari sesama korps polisi. Alasannya pada tahun lalu terdapat 600 anggota kepolisian yang dipecat dengan berbagai alasan.

"Terdapat kemungkinan pelaku penembakan adalah mereka yang bekas satu korps. Tindakan mereka memiliki alasan motif balas dendam karena sakit hati," kata Mustofa yang juga menjadi staf ahli DPR RI 2009-2014.

Tags: