Surat Pembaca

Penjelasan Akses ke Database hukumonline

Redaksi Yth: Pertanyaan saya : Apakah untuk masuk ke database Pusat Data tersebut harus membayar biaya administrasi atau ada persyaratan lain ?Terima kasih. (Lumban Toruan)

Oleh:
Bacaan 2 Menit
Penjelasan Akses ke Database hukumonline
Hukumonline

Namun perlu diingat bahwa pada hakekatnya kewajiban menyediakan informasi semacam itu  ada pada Negara. Negara dan Pemerintah-lah yang berkewajiban melayani masyarakat, terutama di bidang hukum. Jadi,  tuntutan untuk itu lebih tepat ditujukan ke Negara.

Di saat Negara tidak pernah menunjukkan komitmen yang jelas untuk menyediakan informasi hukum tersebut, kami hadir ke hadapan Anda. Sejak tahun 2000, hukumonline berdiri semata berlandaskan komitmen pemilik dan pegiatnya untuk mencoba menyediakan informasi seluas mungkin,  semudah mungkin dan semurah mungkin.  Dan selama tiga tahun belakangan, itulah yang kami lakukan, yaitu menyediakan peraturan perundang-undangan melalui situs secara gratis.

Namun, di sisi lain, kami harus berusaha realistis. Untuk menjaga keberlangsungan komitmen tersebut jelas kami perlu dukungan banyak hal, termasuk dukungan finansial. Kami sadar bahwa latar belakang pengguna layanan data dan informasi hukumonline cukup beragam, mulai dari akademisi, pegawai negeri dan  organisasi nir laba hingga praktisi hukum. Ironisnya, sudah menjadi rahasia umum, sebagian dari pengakses menggunakan data dan informasi itu untuk menjalankan bisnis dan memperoleh keuntungan finansial.

Jadi, sistim keanggotaan kami pandang sebagai solusi yang wajar. Apapun profesi Anda, tetap dapat menikmati layanan kami tanpa bayar. Namun, anggota yang menggunakan informasi untuk kepentingan komersial wajib membayar dan untuk itu mereka akan mendapatkan layanan yang lebih lengkap.

Kami yakin, jika Anda memang concern dengan penyediaan data dan informasi hukum untuk kepentingan pribadi, Anda tidak akan keberatan membantu kami. Jika Anda mampu, jangan ragu membeli produk atau berlangganan jasa kami. Jika tidak (atau belum), jangan segan mengirimkan data, informasi agar kami dapat menyebarluaskannya.

Akhirul kata, kritik dan saran Anda sangat kami harapkan dan nantikan. Jika Anda masih mengalami kesulitan atau masalah mengenai sistem keanggotaan tersebut, silahkan kontak Pusat Data Hukumonline, Puri Imperium Office Plaza Unit UG-15, Jl. Kuningan Madya Kav. 5-6 Kuningan Jakarta 12980, Telp. (021) 8370-1827 Fax (021) 8370-1826 atas nama Oki Nartadi atau Mira atau email ke [email protected]

Kami berterima kasih pada Anda, pengunjung situs hukumonline, yang telah mengirimkan kritikan dan tanggapan seputar jasa Pusat Data hukumonline. Kami mohon maaf jika sejak 4 Agustus 2003 Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan data, terutama peraturan perundang-undangan. 

Kami akui memang ada masalah teknis pemindahan data sehubungan dengan tampilan baru. Kini, Anda sudah bisa mengakses kembali data yang Anda butuhkan. Cuma, dalam tampilan baru ini kami menerapkan sistem pendaftaran anggota. Dengan berat hati, terpaksa hal itu kami sampaikan kepada Anda. 

Kewajiban mendaftar tidak lain adalah salah satu upaya kami untuk memastikan keberlanjutan pelayanan terbaik kepada Anda, seluruh pengunjung setia hukumonline.  Seperti Anda, kami juga berharap bisa terus menyediakan data dan informasi memadai hingga masa-masa mendatang.

Dalam tampilan baru baru ini, kami menerapkan sistim keanggotan bertingkat. Masing-masing dapat mengakses data dan informasi yang berbeda,  termasuk keanggotaan umum yang tidak dipungut biaya alias gratis. Sekali lagi, Anda dapat menjadi anggota tanpa membayar.

Kami tidak menutup mata dan telinga terhadap kritikan Anda. Semua tanggapan dan surat Anda kami diskusikan, dan inilah hasilnya. Kami sepakat bahwa masyarakat perlu diberi informasi hukum secara mudah dan murah, bahkan gratis. Kami percaya bahwa itu adalah bagian dari upaya meningkatkan kesadaran hukum masyarakat.

Halaman Selanjutnya:
Tags: