Pesan Dirjen AHU Kemenkumham Saat Pelantikan Kurator dan Pengurus IKAPI Angkatan XII
Terbaru

Pesan Dirjen AHU Kemenkumham Saat Pelantikan Kurator dan Pengurus IKAPI Angkatan XII

Para Pengurus dan Kurator IKAPI Angkatan XII yang baru dilantik agar berintegritas, profesionalisme, bekerja dengan hati mengedepankan perdamaian, dan sebagainya.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Ketua Umum IKAPI Oscar Sagita memberi sambutan saat Inagurasi Kurator dan Pengurus IKAPI Angkatan XII dan Halal Bi Halal IKAPI 1444 H, Jumat (26/5/2023) malam. Foto: FKF
Ketua Umum IKAPI Oscar Sagita memberi sambutan saat Inagurasi Kurator dan Pengurus IKAPI Angkatan XII dan Halal Bi Halal IKAPI 1444 H, Jumat (26/5/2023) malam. Foto: FKF

Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI) baru saja selesai menggelar Inagurasi Kurator dan Pengurus IKAPI Angkatan XII dan Halal Bi Halal IKAPI 1444H, Jum’at (26/5/2023) malam. Bertempat di Ballroom Pullman Hotel Jakarta, acara malam itu berlangsung secara kondusif dengan dihadiri langsung oleh ratusan peserta yang merupakan anggota IKAPI aktif maupun 83 anggota baru dilantik bagian dari angkatan XII IKAPI.

“Sebetulnya profesi ini (kurator dan pengurus) adalah dokter, kita itu mengobati penyakit. Penyakit apa? Penyakit ketidakmampuan debitur dalam membayar hutang,” ujar Ketua Umum (Ketum) IKAPI Oscar Sagita dalam sambutannya dalam Inagurasi Kurator dan Pengurus IKAPI Angkatan XII dan Halal Bi Halal IKAPI 1444 H, Jum’at (26/5/2023) malam.

Baca Juga:

Ia mengaku telah banyak melihat dan mendengar bagaimana kurator dan pengurus dipandang (negatif, red) oleh masyarakat. “Anda-anda yang berprofesi sebagai advokat juga terkadang melihat kok begini ya? Kritikan tajam pernah dilontarkan AHU, kenapa kurator banyak begitu. Menurut saya manusiawi ya, pasti di setiap profesi ada begitu. Tapi saya yakinkan bahwa di IKAPI lebih banyak yang tidak begitu. Lebih banyak yang baik-baik yang bekerja secara profesional,” kata dia.

Bak nila setitik merusak susu sebelangga, segelintir oknum membuat nama kurator dan pengurus itu menjadi terdistorsi. Namun dirinya optimis, anggota IKAPI dan khususnya anggota yang baru lulus telah dibekali dengan tools dan ilmu yang cukup. Para pengajarnya telah memberikan yang terbaik agar para anggota bisa melakukan yang terbaik juga bagi dirinya, profesi, maupun organisasi.

“Kalau penyakit yang berkaitan dengan ekonomi, mau diisolasi seperti apapun efek dominonya akan bergerak terus akan terasa di setiap perekonomian Indonesia. Terutama kalau kita bicara pasca Covid-19. Ini jadi tantangan indonesia di kemudian hari. Saya yakin pengajar IKAPI sudah memberi yang terbaik untuk Anda sekalian supaya bisa melakukan yang terbaik juga bagi dirinya, profesi dan tentu bagi kemajuan hukum dan ekonomi di Indonesia,” harapnya.

Pada kesempatan sama, Adiningrat Hidayat selaku Perwakilan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM (Dirjen AHU Kemenkumham) RI menyampaikan pesan dari Dirjen AHU Kemenkumham untuk para Pengurus dan Kurator IKAPI Angkatan XII yang baru dilantik agar berintegritas dan profesionalisme. Dengan kata lain, bekerja dengan hati mengedepankan perdamaian dan sebagainya.

Hukumonline.com

Adiningrat Hidayat selaku Perwakilan dari Dirjen AHU Kemenkumham 

“Mengoptimalkan solusi terbaik untuk debitur maupun kreditur dalam proses kepailitan ataupun PKPU. Masyarakat sangat berharap kewenangan yang diberikan kepada bapak ibu sebagai kurator dan pengurus tidak disalahgunakan hingga dapat merugikan kepentingan kreditur dan debitur. Dan kewenangan kepengurusan ini harus dapat dipertanggungjawabkan,” tutur Adiningrat.

Tags:

Berita Terkait