Potret UMKM Terdampak Covid-19 Curhat di Justika.com
Berita

Potret UMKM Terdampak Covid-19 Curhat di Justika.com

Masalah hukum yang dikonsultasikan terkait utang-piutang mendominasi sekitar 20%.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Potret UMKM Terdampak Covid-19 Curhat di Justika.com
Hukumonline

Sejak ditandatanganinya kesepakatan kerjasama antara Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Hukumonline dan Justika.com, banyak pelaku koperasi dan UMKM mulai menggunakan kesempatan untuk curhat mengenai masalah hukum yang dialaminya melalui platform yang disediakan Justika.com. Dengan jumlah 100 advokat yang bergabung dari 40 kantor firma hukum besar dari berbagai kota dan keahlian, rupanya menumbuhkan kepercayaan pelaku koperasi dan UMKM untuk mempercayakan masalah hukumnya.

“Alhamdulillah. Ini sangat membantu sekali, khususnya buat saya pribadi yang sedang dicekam ketakutan dan ketiadaan materi, serta awam dalam Ilmu Hukum. Sekali lagi terimakasih, semoga kebaikan Bapak/ Ibu, khususnya Bapak yang barusan memberikan pencerahan ke saya, dibalas oleh Allah SWT," demikian tanggapan salah satu pengguna program yang merasa terbantu dengan adanya program kerja sama tersebut.

Pandemi Covid-19 bukan hanya menimbulkan masalah kesehatan, namun juga berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Program konsultasi hukum gratis yang digelar atas kerja sama Kemenkop UKM, Hukumonline dan Justika.com tersebut rupanya dapat menjawab permasalahan yang dirasakan oleh pelaku koperasi dan UMKM yang terdampak secara ekonomi dan mengalami masalah hukum dalam usahanya. 

Melalui platform yang disediakan Justika.com tersebut, selain memudahkan pelaku koperasi dan UMKM untuk berkonsultasi mengenai masalah hukum yang dialaminya, juga memberikan solusi awal untuk menghadapi masalah hukum. Hal ini tentu saja karena advokat yang tergabung untuk membantu konsultasi hukum tersebut telah terseleksi dan terbukti kehandalannya dalam memberikan nasihat hukum yang diperlukan. Pelaku koperasi dan UMKM hanya perlu klik di sini untuk dapat mengakses chat gratis dengan advokat.

Saat ini, telah banyak jenis masalah hukum yang dikonsultasikan melalui platform yang disediakan Justika.com tersebut. Bahkan di layanan chat Justika reguler saja, dalam satu minggu terakhir terdapat 10 kasus terkait dampak Covid-19 yang masuk. Masalah hukum yang dikonsultasikan terkait utang-piutang mendominasi sekitar 20%. (Baca: Kemenkop UKM Gandeng Hukumonline Beri Konsultasi Gratis UMKM Terdampak Covid-19)

Selanjutnya dengan jumlah yang lebih sedikit terdapat masalah kendala memberikan hak pekerja, sewa-menyewa, wanprestasi akibat adanya pandemi Covid-19, pendirian usaha dan ada juga pelaku yang ingin mengganti jenis atau metode usaha bisnisnya agar tetap dapat berjalan. Semua jenis masalah hukum tersebut adalah masalah hukum yang memang umum terjadi pada saat pandemi Covid-19 ini, sehingga benar-benar dibutuhkan solusinya oleh masyarakat yang mengalaminya.

Untuk mengetahui daftar nama advokat probono yang siap membantu konsultasi hukum gratis kepada UMKM dan koperasi yang terdampak Covid-19, silakan klik di sini.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait