Presiden SBY Harus Tegur Jaksa Agung
Surat Pembaca

Presiden SBY Harus Tegur Jaksa Agung

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dinilai terlalu lemah menyikapi skandal Arthalita Suryani (Ayin) yang melibatkan para pejabat Kejaksaan Agung.

Oleh:
Bacaan 2 Menit
Presiden SBY Harus Tegur Jaksa Agung
Hukumonline

Seharusnya, SBY  menegur Jaksa Agung Hendarman Supandji sekaligus meminta pertanggungjawabannya mengenai kasus yang jelas-jelas melibatkan anak buahnya tersebut.

 

Hingga saat ini, pernyataan Jaksa Agung Hendarman Supandji masih belum memberikan kepastian, kapan anak buahnya akan diperiksa terkait kasus tersebut, apalagi memberikan sanksi atau hukuman yang berat. Akibat ketidakpastian seperti itu, pesimisme publik untuk sebuah penegakkan hukum yang berkeadilan semakin menguat..

 

Ada baiknya Jaksa Agung Hendarman Supandji mengajukan pengunduran diri sebagai  bentuk pertanggunjawaban moral karena tidak mampu menjaga kehormatan Kejaksaan Agung dari tindakan tercela anak buahnya. Anak buah Jaksa Agung jelas bersalah karena menjadi api pergunjingan kongkalikong yang merusak citra Kejaksaan Agung.-- terlepas dari ditemukannya bukti maupun tidak.

 

Selanjutnya, agar Presiden SBY lebih tegas dalam memilih Jaksa Agung, jangan hanya memilih sosok yang tegas dan berwibawa, tetapi pilih juga Jaksa Agung yang mampu memiliki tim yang adil, jujur, dan tidak kolutif. Kita tunggu saja, apa gebrakan SBY dalam menegakkan hukum melalui aparat yang bersih di republik ini. Terima kasih.

 

Furqon Karim,

Koordinator INDOWATCH

(The Indonesia Watch), Jakarta.

Email : indonesiawatch@yahoo.

 

Tags: