Ramai Kasus Pimpinan KPK, Berikut Kode Etik dan Kode Perilaku KPK
Terbaru

Ramai Kasus Pimpinan KPK, Berikut Kode Etik dan Kode Perilaku KPK

Etika dalam profesi merupakan suatu perwujudan pengemban profesi pada sikap etis sebagai bagian kesempurnaan dari sikap kehidupan.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: RES
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: RES

Kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) saat ini telah masuk ke dalam penyidikan di Polda Metro Jaya. serangkaian pemeriksaan terhadap para saksi dilakukan untuk membuat terang kasus soal pimpinan KPK yang melakukan pemerasan terhadap mantan Mentan tersebut.

Dalam upaya negara dalam menegakkan supremasi hukum dan dalam rangka mewujudkan suatu kebenaran dan keadilan, Indonesia menegaskan diri pada UUD 1945 sebagai negara hukum. Sebagai salah satu lembaga penegak hukum, insan KPK harus memiliki implementasi atas nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku dalam menjalankan pekerjaannya.

Keseluruhan nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku dimaksudkan untuk dapat mengikat sekaligus membentengi diri setiap insan KPK baik dalam pelaksanaan tugasnya maupun dalam pergaulan sehari-hari.

Baca Juga:

Sebagai role model untuk terwujudnya tata laksana pemerintahan yang baik dan kinerja yang optimal, maka KPK dibebani tanggung jawab dan tugas yang berat dan luas di dalamnya. Untuk mewujudkan hal itu, dibutuhkan norma yang berguna sebagai pedoman KPK menjalankan tanggungjawabnya.

Berdasarkan Peraturan KPK No.5.P.KPK Tahun 2006 tentang Kode Etik Pegawai KPK menetapkan 7 nilai dasar pribadi, yaitu integritas, profesionalisme, inovasi, transparansi, produktivitas, religiusitas, dan kepemimpinan. 

Dilatarbelakangi perubahan visi dan misi serta perubahan strategi dalam mencapai visi misi tersebut KPK melakukan perubahan nilai dasar pribadi menjadi lima pilar. Hal ini mengacu pada Peraturan KPK No.7 Tahun 2013 tentang Nilai Dasar Pribadi, Kode Etik, dan Pedoman Perilaku KPK. Kode etik tersebut merupakan penjabaran dari prinsip serta nilai-nilai dasar perilaku pribadi yang wajib ditaati dan dilaksanakan oleh seluruh pegawai KPK.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait