SBY Berharap Tidak Terjadi “Baratayuda” Kubu Jokowi dan Prabowo
Berita

SBY Berharap Tidak Terjadi “Baratayuda” Kubu Jokowi dan Prabowo

Tidak masuk ke kubu Jokowi atau Prabowo.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: RES.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: RES.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap adanya konsiliasi antara koalisi Merah Putih dari kubu Prabowo – Hatta dengan koalisi pendukung presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla (JK), bukannya menjadi dendam tujuh turunan atau Baratayuda. Sebab, bila yang terjadi adalah yang terakhir, maka rakyat yang akan sangat dirugikan.

“Ya politik itu keras bisa saling mengintip, bisa saling menyerang, tapi tetaplah ada batas-batasnya. Kalau tidak demokrasi kita goyah, kalau politik gaduh dan tidak stabil, siapa yang menderita? Rakyat. Kita tidak bisa membangun, ekonomi tidak tumbuh lagi dan sebagainya,” ujarnya melalui kanal Youtube: http://youtu.be/Fl2H5SUJNy8 , sebagaimana dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet, Senin (15/9).

Diakui SBY, politik itu keras, kompetisi itu memang menghasilkan kalah dan menang, tapi itu semua bukan segalanya. Ada kalanya sekarang kalah, menang di hari kemudian. Bagi SBY, kalau ia berada di luar pemerintahan memang harus mengkritisi. Tetapi, SBY menekankan bahwa mengkritik tidak sama dengan menghancurkan atau menggagalkan.

“Meskipun saling kritis satu sama lain tetapi ada batas-batas dalam politik yang dimainkan, maka yang dikhawatirkan oleh banyak pihak itu bisa dicegah. Tetapi kalau yang dianut adalah politik marah dan dendam tujuh turunan itu bisa terjadi,” tuturnya.

SBY sendiri mengaku punya pengalaman panjang selama 10 tahun terakhir, dimana ada kekuatan politik yang konsisten memusuhinya, menyerang, dan kalau bisa menggagalkan. Namun, SBY berharap apa yang dialaminya itu, tidak dialami oleh Jokowi yang akan menggantikannya pada 20 oktober mendatang.

Karena itu, Presiden SBY berharap para politisi, para elit politik di kedua kubu (Jokowi dan Prabowo) itu bisa bersikap secara konstruktif.

SBY mengaku dirinya bukan orang yang utopis, karena tidak mungkin tiba-tiba bermesra-mesraan. Tetapi, kalau akhirnya kedua kubu bisa menyapa lagi, Presiden SBY menilai itu adalah titik cerah di hari esok. “Saya pun berharap sebetulnya janganlah Baratayudha yang terjadi. Ingat rakyat, ingat negeri ini, ingat masa depan kita,” pesan Kepala Negara.

Tags:

Berita Terkait