Srikandi Hukum Indonesia Prof Mariam Darus Badrulzaman Tutup Usia
Terbaru

Srikandi Hukum Indonesia Prof Mariam Darus Badrulzaman Tutup Usia

Semasa hidup, tidak perlu diragukan lagi pengalaman Prof Mariam Darus di dunia hukum khususnya hukum perdata. Pengalamannya sudah malang melintang hingga tingkat mancanegara.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Prof Mariam Darus Badrulzaman. Foto: Istimewa
Prof Mariam Darus Badrulzaman. Foto: Istimewa

Berita duka menyelimuti dunia pendidikan tinggi ilmu hukum Indonesia. Tokoh penting dan juga srikandi hukum Indonesia, Prof Mariam Darus Badrulzaman meninggal dunia di usia ke-92 tahun, pada 30 Juli 2023 pukul 11.15 WIB di RS Premiere Bintaro.

Dari informasi berantai yang beredar, ahli ilmu hukum perdata itu akan disemayamkan di rumah duka di Kebayoran Essence Bintaro Jaya Sektor 7. Almarhumah akan diberangkatkan ba’da shalat Ashar dari Mesjid Raya Kebayoran Residence menuju Al-Azhar Memorial Garden Karawang, Jawa Barat.

“Telah berpulang ke rahmatullah orang tua kami, ibu kami, nenek kami, guru kami Prof Mariam Darus, pada tanggal 30 Juli 2023 pukul 11.15 WIB di RS Premiere Bintaro. Semoga Allah mengampuni dosa beliau, semoga Allah menerima segala amalan beliau, dan semoga keluarga dan sahabat yang ditinggalkan mendapatkan kekuatan dan ketabahan,” demikian kutipan pesan berantai tersebut.

Baca Juga:

Semasa hidup, tidak perlu diragukan lagi pengalaman Prof Mariam Darus di dunia hukum khususnya hukum perdata. Pengalamannya sudah malang melintang hingga tingkat mancanegara. Ia tercatat pernah menjadi ahli di berbagai negara, seperti Geneva, Swiss, Hongkong, dan Calgary, Kanada. Prof Mariam juga beberapa kali menjadi ahli di Singapore International Arbitration Court, Singapura.

Di dalam negeri, Prof Mariam selain pengajar beliau juga mendedikasikan diri sebagai seorang arbiter. Ia juga mendirikan firma hukum Mariam Darus & Partners Law Office serta pernah menjadi staf ahli Badan Pengembangan Hukum Nasional (BPHN) dan Ketua Tim Legislasi Penyusunan RUU Fidusia di Kementerian Hukum dan HAM.

Prof Mariam Darus lahir di Tanjungpura Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, 12 November 1931. Setelah menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas di Medan, beliau melanjutkan pendidikan hukum ke Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) pada tahun 1951. 

Tags:

Berita Terkait