Foto Essay

Vaksinasi Covid-19 untuk Ribuan Jurnalis

Total sebanyak 5.512 jurnalis yang divaksin dengan waktu selama tiga hari.

Oleh:
Resa Esnir
Bacaan 2 Menit
Foto: RES
Foto: RES

Program pemberian vaksin Covid-19 terus berjalan. Kini, giliran ribuan jurnalis memperoleh vaksinasi Covid-19 yang digelar oleh Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Dewan Pers dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Hukumonline.com

Vaksinasi yang digelar selama tiga hari mulai Kamis-Sabtu tanggal 25 hingga 27 Februari 2021 ini berlangsung di Hall A Gedung Basket Istora Gelora Bung Karno, Jakarta. Total, sebanyak 5.512 jurnalis ikut serta dalam vaksinasi ini.

Hukumonline.com

Dari total 5.512 jurnalis tersebut, 512 di antaranya adalah insan pers yang sejak awal dijadwalkan divaksin dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2021. Sedangkan sebanyak 5000 insan jurnalis dikoordinasikan oleh Dewan Pers Bersama 10 organisasi serta Forum Pemred.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Organisasi tersebut adalah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Serikat Penerbit Pers (SPS), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Hukumonline.com

Dalam pemberian vaksin ke ribuan insan pers ini, panitia memberlakukan protokol kesehatan di setiap tahapannya.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Untuk tahapan registrasi, setidaknya telah ada 20 meja yang disiapkan panitia. Kemudian, pada tahapan screening, panitia menyediakan sebanyak 25 meja dan tahapan pelaporan sebanyak 10 meja.

Hukumonline.com

Seluruh tahapan ini memiliki tujuannya masing-masing, misalnya tahapan registrasi untuk kepentingan verifikasi, screening, pemeriksaan suhu tubuh, dan tensi tekanan darah.

Tags: