Direksi Bank of Amerika Bayar AS$2,5 juta ke Kas Perusahaan
Berita

Direksi Bank of Amerika Bayar AS$2,5 juta ke Kas Perusahaan

Jakarta, hukumonline Hati-hati memberi hadiah, sekalipun kepada mereka yang telah memberikan andil bagi perusahaan. Alih-alih mau memberikan hadiah, Direksi Bank of America harus membayar AS$ 2,5 juta ke kas perusahaan.

Leo/APr
Bacaan 2 Menit
Direksi Bank of Amerika Bayar AS$2,5 juta ke Kas Perusahaan
Hukumonline

Direksi Bank of America Corp. sepakat untuk membayar AS$2,5 juta ke kas perusahaan untuk menyelesaikan gugatan (derivative suit) yang diajukan oleh pemegang saham.

Gugatan tersebut diajukan di Wilmington, Delaware, atas dasar bahwa direksi telah melakukan perbuatan yang merugikan aset perusahaan. Mereka memberikan hadiah senilai AS$6 juta kepada dewan direksi sebelumnya yang diambil dari kas perusahaan.

Bank of America yang berbasis di Chalotte, North Carolina, sebelumnya dikenal sebagai NationsBank Corp. NationsBank Corp selanjutnya melakukan merjer dengan BankAmerica yang melahirkan Bank of America.

Direksi perusahaan yang baru (hasil proses merjer) memutuskan untuk memberikan hadiah berupa uang tunai senilai AS$300.000 dan sejumlah saham kepada 20 direksi dari 2 bank yang telah meleburkan diri tersebut.

Mengajukan gugatan

Frank Seinfeld dan Victoria Shaev selaku pemegang saham Bank of America, pada tahun 1999 mengajukan gugatan di Pengadilan Chancery, Wilmington atas dasar hadiah yang diberikan tersebut terlalu berlebihan dan justru akan merugikan keuangan perusahaan.

Penggugat minta kepada Majelis Hakim agar Direksi yang baru (selaku tergugat) harus membayar kembali kepada perusahaan. Jumlahnya, senilai dengan uang yang telah dikeluarkan untuk memberikan hadiah tersebut.

Setelah melakukan negosiasi dengan pengacara penggugat, yang diwakili oleh Norman M.Monhait dari kantor konsultan hukum Rosenthal Monhait Gross & Goddess, tergugat setuju untuk membayar  AS$2,5 juta ke Bank of America.

Tags: