Humphrey Djemat Terpilih Jadi Ketua DPC AAI DKI Jakarta
Utama

Humphrey Djemat Terpilih Jadi Ketua DPC AAI DKI Jakarta

Setelah sempat bertarung ketat merebutkan posisi kursi ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Advokat Indonesia (DPC AAI) DKI Jakarta, Humphrey Djemat akhirnya terpilih menjadi ketua DPC AAI DKI Jakarta dalam Musyawarah Cabang.

Tri
Bacaan 2 Menit
Humphrey Djemat Terpilih Jadi Ketua DPC AAI DKI Jakarta
Hukumonline

Dalam pemungutan suara yang berakhir sekitar pukul 23.20 WIB di Hotel Indonesia (15/1), Humphrey memperoleh suara terbanyak, yaitu, 435 suara. Selanjutnya, di posisi kedua ditempati Juniver Girsang dengan 307 suara, dan Wawan Iriawan dengan 43 suara. Selanjutnya, Humphrey akan menduduki posisi ketua DPC AAI DKI Jakarta untuk periode 2004-2009.

Selain memilih Humphrey sebagai ketua DPC AAI DKI Jakarta, Musyawarah Cabang (Muscab) AAI DKI Jakarta juga memilih Alex R Wangge sebagai ketua Dewan Kehormatan AAI DKI Jakarta dan Yan Apul Girsang sebagai Ketua Dewan Penasehat Cabang AAI DKI Jakarta.  

Pemilihan ketua DPC, ketua Dewan Penasehat dan ketua Dewan Kehormatan AAI DKI Jakarta boleh dikatakan berlangsung secara tertib dan lancar. Seluruh anggota AAI DKI Jakarta yang berjumlah sekitar seribu orang lebih, secara tertib memberikan suara mereka. 

Tentunya dengan kemenangan Humphrey sebagai ketua DPC AAI DKI Jakarta, mengingatkan kembali anggota AAI kepada figur almarhum Gani Djemat, advokat senior. Pasalnya,  Gani Djemat yang mendirikan AAI dan ketua DPP AAI pertama tak lain adalah ayah dari Humphrey Djemat.  

Atas kemenangan Humphrey menduduki posisi ketua DPC AAI DKI Jakarta, maka ke depan para anggota AAI tinggal menunggu kiprahnya. Berdasarkan catatan hukumonline, ada beberapa program kerja yang telah disiapkan Humphrey. 

Untuk jangka pendek, kepengurusan Humprey berencana menyusun buku daftar anggota AAI DKI Jakarta dan membangun sistem kesekretariatan, sistem dokumentasi, dan layanan informasi dan komunikasi (web site). "Ini merupakan konsolidasi organisasi yang akan saya  akan lakukan," papar Humphrey, dalam janji-janjinya saat mengajukan diri menjadi kandidat ketua AAI.  

Sedangkan untuk memantapkan konsolidasi internal, Humphrey juga telah menyiapkan satu lantai khususnya di Plaza Gani Djemat sebagai kantor kesekretariatan DPC AAI DKI Jakarta. Nantinya, kantor kesekretariatan DPC AAI ini terpisah dengan kantor pengacaranya, yaitu Gani Djemat & Partners yang juga terletak di Plaza Gani Djemat. 

Berikut ini hasil Muscab DPC AAI DKI Jakarta

1

Menerima laporan pertanggungjawaban ketua DPC, Ketua Dewan Penasehat, dan Ketua Kehormatan AAI DKI Jakarta Periode 1999-2004.

2

Memilih Humprey Djemat sebagai Ketua DPC, Alex R.W sebagai Ketua Dewan Kehormatan dan Yan Apul sebagai Ketua Dewan Penasehat AAI DKI Jakarta untuk periode 2004-2009.

  
Bantuan hukum cuma-cuma

Kemenangan Humphrey sebagai ketua DPC AAI DKI Jakarta, paling tidak juga mengingatkan kembali kepada rencana-rencana jangka panjangnya yang pernah dijanjikan, kalau ia terpilih sebagai ketua DPC AAI DKI Jakarta.  

Dalam program jangka panjangnya, Humprey berjanji akan meningkatkan kualitas advokat yang tergabung dalam AAI DKI Jakarta. Misalnya, ia akan menyelenggarakan berbagai forum pertemuan, kursus, diskusi, lokakarya ilmiah di bidang hukum untuk menunjang profesi dan peningkatan kualitas intelektualitas serta kemampuan teknis yuridis anggota. 

Selain itu, Humphrey juga mengaku akan memberikan sumbang saran dalam rangka pembentukan organisasi advokat. Namun yang tidak kalah pentingnya, ia akan mendorong lahirnya Peraturan Pemerintah (PP) tentang bantuan hukum cuma-cuma, dan pembentukan komisi Pengawas sebagaimana yang diamanatkan UU Advokat. 

Sementara untuk meningkatkan kinerja organisasi, Humprey yang sebelumnya menduduki jabatan komisaris AAI pada pengurusan DPC AAI DKI Jakarta periode 1999-2003 lalu, berkomitmen dan berketetapan hati untuk full memberikan dukungan moril maupun materiil terhadap berbagai aktivitas AAI.

Tags: