Utama

Alumni Fakutas Hukum Dukung KPK

Prihatin pula dengan carut-marut peraturan perundang-undangan.
Oleh:
FAT
Bacaan 2 Menit
Ketua Iluni FH Universitas Indonesia (UI) Melli Darsa (kiri). Foto: Sgp
Ketua Iluni FH Universitas Indonesia (UI) Melli Darsa (kiri). Foto: Sgp

Sejumlah alumni dari beberapa fakultas hukum bergabung dan membentuk Forum Komunikasi Alumni Fakultas Hukum Se-Indonesia (Fokal FH). Forum ini terdiri dari jaringan alumni fakultas hukum Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Brawijaya.


Ketua Iluni FH Universitas Indonesia (UI) Melli Darsa, mengatakan Fokal FH lahir karena adanya konflik antar lembaga penegak hukum, peraturan perundang-undangan yang carut marut dan permasalahan hukum lain yang tengah membelit bangsa.


"Fokal FH berkomitmen untuk berperan aktif dalam mendukung reformasi hukum, pemberantasan korupsi dan penegakan hukum yang berkeadilan di Indonesia," katanya di gedung KPK, Rabu (10/10).


Disampaikannya pula, kedatangan Fokal FH ke KPK untuk mendukung lembaga antikorupsi tersebut dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Melli mengatakan, dengan adanya dukungan ini diharapkan seluruh elemen aparat penegak hukum, mulai dari hakim, jaksa, advokat dan polisi bisa mewujudkan negara Indonesia sebagai negara hukum yang berintegritas.


Selain mendukung KPK, Fokal FH juga mendeklarasi forum yang baru terbentuk ini. Setidaknya ada lima perwakilan dari alumni FH yang menjadi deklarator FOKAL FH. Mereka adalah Iluni FH UI, IKA FH Unpad, Keluarga Alumni Fakultas Hukum Gadjah Mada (Kagama), IKA FH Universitas Airlangga dan IKA FH Universitas Brawijaya Malang. Masing-masing perwakilan pun turut datang ke KPK.


Wakil Ketua I Ikatan Alumni FH Unpad, Wahyuni Bahar mengatakan, masih terbuka bagi ikatan alumni fakultas hukum universitas lainnya untuk turut serta dalam Fokal FH.


Menurutnya, fakultas hukum dengan para alumni yang tersebar di berbagai sektor publik dan swasta memiliki posisi tawar yang strategis dalam membantu mencari solusi terkait permasalahan hukum yang terjadi.

Halaman Selanjutnya: