SMS Sambil Mengemudi Berujung Gugatan
Jeda

SMS Sambil Mengemudi Berujung Gugatan

Penerima dan pengirim SMS juga disasar dalam gugatan ini.

Oleh:
RZK
Bacaan 2 Menit
SMS Sambil Mengemudi Berujung Gugatan
Hukumonline

Mengirim pesan singkat dengan teman atau apalagi pacar melalui telepon seluler memang mengasyikkan. Saking asyiknya, anda mungkin pernah melihat sendiri ada orang yang ‘memaksakan’ diri mengirim atau menerima pesan singkat sambil mengemudi. Atau mungkin anda justru pernah melakukannya? Hati-hati! Jangan sampai bernasib seperti Kyle Best dan Shannon Colona.

Sebagaimana dilansir laman www.abajournal.com, kisah sepasang kekasih ini terjadi di New Jersey, Amerika Serikat. Kyle dan Shannon tengah menjalani proses gugatan di Pengadilan Tingkat Banding New Jersey. Mereka berdua menjadi tergugat. Penggugatnya adalah David Kubert dan Linda Kubert, pasangan suami istri. Perkara ini terkait insiden kecelakaan lalu lintas pada tahun 2009, dimana Kyle yang mengendarai mobil menabrak David dan Linda.

Lalu, apa peran dari Shannon? Inilah bagian paling menarik. Shannon ditarik dalam gugatan karena dia dianggap turut bertanggung jawab atas kecelakaan yang menyebabkan David dan Linda luka-luka. Saat kejadian, Kyle diduga tengah asyik bertukar pesan singkat dengan Shannon sehingga hilang konsentrasi saat mengemudi.

Gugatan David dan Linda bersaudara diajukan di Superior Court Morristown. Hasilnya, David dan Linda mencapai kesepakatan damai dengan Kyle. Sebagai ganti rugi, dikutip dari laman www.dailyrecord.com, Kyle menawarkan sejumlah uang kepada David dan Linda yang disesuaikan dengan limit asuransi AS$500 ribu.

Damai di perdata, Kyle justru divonis bersalah di persidangan pidana. Hukuman untuk Kyle adalah memberikan penyuluhan ke 14 SMU tentang bahayanya mengemudi sambil mengirim pesan singkat melalui telepon seluler.  

Berbeda hasil, gugatan David dan Linda terhadap Shannon kandas. Hakim berpendapat Shannon tidak bisa dimintai pertanggungjawaban atas kecelakaan yang terjadi. Tidak terima atas putusan hakim, David dan Linda mengajukan banding ke Pengadilan Tingkat Banding New Jersey.

Dalam persidangan, pengacara David dan Linda, Stephen Weinstein menyatakan pengadilan harus menegakkan kewajiban setiap orang untuk peduli ketika mengirim singkat ke orang lain yang sedang mengemudi.

Tags: