FH UGM Tembus Delapan Besar IMLAM 2013
Rechtschool

FH UGM Tembus Delapan Besar IMLAM 2013

FHUI berhasil menempatkan salah satu anggota timnya sebagai 2nd best oralist.

Oleh:
ALI
Bacaan 2 Menit
FH UGM Tembus Delapan Besar IMLAM 2013
Hukumonline

Dua fakultas hukum asal Indonesia menunjukkan kiprah yang cukup membanggakan dalam ajang International Maritime Law Arbitration Moot 2013 di Southampton, Inggris.

Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) sempat masuk ke perempat final ajang peradilan semu yang tahun ini diikuti oleh 24 tim dari fakultas hukum dari berbagai negara itu. Sayangnya, FH UGM gagal maju ke babak selanjutnya. Namun, prestasi ini masih lebih baik dari tim FHUI yang kandas di babak awal.

Meski tak masuk ke dalam delapan besar, Tim FHUI masih bisa berbangga diri karena berada posisi keempat kategori The Best Memorandum. Selain itu, salah seorang anggota Tim FHUI, Salma Izzati terpilih sebagai the 2nd best oralist dalam kompetisi ini.

Kepada hukumonline, Salma mengatakan meski ia mendapat penghargaan individual, tetapi itu merupakan hasil kerja bersama timnya. “Ini kerja tim. Aku nggak mungkin dapat argumen yang bagus tanpa kerjasama yang baik,” ujar mahasisiwi FHUI angkatan 2010 ini melalui sambungan Skype, Jumat (15/7). 

Salma menambahkan hasil ini merupakan kerja keras timnya setelah berlatih selama tujuh bulan. Awalnya, ia harus melewati fase seleksi internal untuk masuk sebagai salah seorang anggota tim. Lalu, mengikuti workshop dan menulis berkas Memorandum Writing. “Kami berlatih enam hari dalam seminggu dari jam 2 siang sampai jam 8 malam,” ujarnya. 

Latihan tak hanya dilakukan sendiri oleh anggota tim yang berjumlah empat orang ditambah seorang pelatih, tetapi juga melibatkan beberapa lawfirm ternama di Indonesia. Di antaranya adalah Assegaf Hamzah and Partner (AHP), Ginting & Reksodiputro Lawfirm, dan Raja & Tann yang belum lama ini resmi berafiliasi dengan AHP.   

“Biasanya bila kita latihan dengan para partner (di lawfirm tersebut), kita menjelaskan dulu kalau kita punya ide seperti ini, lebay atau nggak? Mereka akan kasih respon kalau tidak suka,” ujarnya.

Tags: