Ini Kiat Sukses Kerja Efektif Sebagai In House Counsel
Berita

Ini Kiat Sukses Kerja Efektif Sebagai In House Counsel

Tak perlu buang-buang waktu berjam-jam mengikuti rapat yang tidak urgen.

Oleh:
RIA
Bacaan 2 Menit
Ketua ICCA Reza Topobroto. Foto: RES.
Ketua ICCA Reza Topobroto. Foto: RES.

In House Counsel seringkali dipahami oleh sebagian orang hanya sebagai legal advisor suatu perusahaan. Namun, Ketua Indonesia Corporate Counsel Association (ICCA) Reza Topobroto menilai bahwa in house counsel lebih dari itu bila merujuk kepada para pengusaha asing.

“In house counsel adalah tim saya yang membantu saya mencapai target revenue perusahaan, memenangkan persaingan, dan memastikan kemenangan tersebut tetap ada dalam kepatuhan,” ujar Reza mengutip perkataan Pradeep Pant, Presiden Kraft Food regional Asia Pasifik, Rabu (27/5).

Hal tersebut disampaikan ketika membuka pelatihan “How to be a Successful Lawyer/In House Counsel By Managing Yourself and Others Effectively” yang diselenggarakan oleh hukumonline di Jakarta. Dalam kalimat yang dikutipnya, Reza menggambarkan betapa pentingnya peran In House Counsel.

Perusahaan-perusahaan membutuhkan In House Counsel yang membantunya dengan segala compliance, sebut Reza, sebab bisnis akan sulit bertahan bila capaian yang didapat perusahaan prosesnya dilakukan tanpa kepatuhan tersebut. “Intinya adalah bagaimana menyeimbangkan bisnis dengan kepatuhan,” imbuhnya.

Oleh karena beban berat yang dipikul seorang In House Counsel, maka dinilai perlu bagi mereka untuk dapat bekerja efektif. Sayangnya, dengan jumlah tenaga yang minim dalam suatu perusahaan, gangguan yang dapat menghalangi In House Counsel untuk terus bisa bekerja secara efektif tak kunjung henti.

Setidaknya ada satu permasalahan besar yang jadi penyebab terganggungnya kinerja In House Counsel ini berdasarkan hasil sharing dari para peserta workshop. Hal tersebut yakni banyaknya permohonan konsultasi atau permintaan lainnya dari divisi di luar divisi legal kepada In House Counsel.

“Terlalu banyak dokumen yang harus kami review. Namun di saat yang bersamaan banyak permohonan konsultasi masuk atau kerjaan dari divisi lain dengan embel-embel ‘urgent’, sehingga menyebabkan In House Counsel ini kalau kerja jadi terkesan serabutan,” curhat salah seorang peserta.

Tags:

Berita Terkait