Agar Lebih Informatif, MK Ubah Tampilan Laman
Berita

Agar Lebih Informatif, MK Ubah Tampilan Laman

Kerjasama kepaniteraan dan kesekjenan MK sangat menentukan.

Oleh:
ASH
Bacaan 2 Menit
Tampilan baru situs MK. Foto: www.mahkamahkonstitusi.go.id
Tampilan baru situs MK. Foto: www.mahkamahkonstitusi.go.id
Sebagai bentuk inovasi, Mahkamah Konstitusi (MK) mengubah tampilan website (laman) resmi lembaga. Perubahan tampilan “wajah” website MK yang baru ini semata agar penyajian informasi lebih sederhana, informatif, cepat, dan mudah dicari guna memenuhi harapan publik terkait publikasi semua informasi kegiatan kelembagaan terutama proses persidangan di MK.

Peluncuran laman baru yang beralamat di www.mahkamahkonsitusi.go.id ini secara resmi diluncurkan oleh Wakil Ketua MK Anwar Usman sekaligus membuka Rapat Kerja Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal MK di Aula Gedung MK, Jum’at (1/4). Peluncuran ini ditandai pembukaan kain di atas televisi layar datar yang sudah terlihat tampilan halaman depan website MK yang baru.

Wakil Ketua MK Anwar Usman berharap dengan tampilan website MK yang baru ini, semua jajaran MK mempertahankan kinerja yang sudah diraih terutama menyangkut transparansi informasi publik. “Terakhir, kita telah mensukseskan sidang sengketa pemilihan kepala daerah (pilkada) karena pelaksanaan tidak menemui kendala apapun,” kata Anwar Usman dalam sambutannya.

Dia juga meminta semua jajaran kepaniteraan dan kesekjenan MKmeningkatkan fungsi kerjasama dalam pelaksanaan semua tugas kelembagaan. “Apa yang kita raih harus kita pertahankan. Kalau bisa kita terus tingkatkan, marilah kita mensyukuri semua yang kita raih,” pesan Anwar di hadapan para pegawai dan pejabat eselon di lingkungan MK.

Untuk diketahui, tampilan baru website MK ini memiliki sembilan menu utama yakni Beranda, Peradilan, Hakim, Perkara, Putusan, Peraturan, Administrasi Umum, dan Whistle Blowing yang masing-masing memiliki submenu. Misalnya, pada halaman utama laman MK menyajikan jendela informasi tentang Putusan MK, risalah sidang.

Khusus jadwal persidangan MK disajikan kalender yang jika ada kegiatan (sidang) tanggal tersebut memiliki warna khusus. Misalnya, warna kuning untuk keterangan jadwal sidang, warna hijau untuk putusan, warna biru untuk keduanya. Selain jadwal sidang bulan berjalan, pengunjung dapat mengetahui jadwal persidangan bulan berikutnya.

Selanjutnya, masih dalam halaman utama terdapat rubrik Berita, Info Publik, Info Perkara, Profil Hakim Konstitusi, Pusat Sejarah Konstitusi, Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi, Live Streaming, Video Conference, Gedung dan Arsitektur.

Di laman baru ini, MK juga tetap mengedepankan tampilan menu Whistle Blowing System sebagai salah satu sarana masyarakat untuk melaporkan praktik penyimpangan di MK. Hal ini bentuk upaya MK mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada masyarakat secara transparan dan akuntabel.

Karena itu, MK mengimbau masyarakat yang memiliki informasi dan ingin melaporkan segala praktik penyimpangan yang terjadi di lingkungan MK dapat secara langsung memanfaatkan menu Whistle Blowing System ini. MK akan menjaga dan merahasiakan semua identitas pelapor terkait laporan praktik penyimpangan dimaksud.

Tags:

Berita Terkait